Lionel Messi Bawa Argentina Ke Final Piala Dunia Untuk Kedua Kalinya

Argentina baru saja memastikan tiket ke final Piala Dunia 2022. Tim Tango lolos usai dengan gemilang menghajar Kroasia 3-0 di babak semifinal yang berlangsung di Stadon Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Dua pemain depan Julian Alvarez dan Lionel Messi jadi bintang lapangan. Alvarez membuat dua gol ke gawang Kroasia. Sedangkan Messi mencetak satu gol dari eksekusi penalti dan satu assist.

Keberhasilan mengalahkan Kroasia membuat Argentina lolos ke final Piala Dunia untuk keenam kalinya. Mereka dua kali berlaga di partai puncak dalam tiga edisi terakhir turnamen garapan FIFA itu.

Argentina menyamai pencapaian Brasil dan Italia yang juga enam kali lolos ke final. Rekor masuk final Piala Dunai terbanyak masih dipegang oleh Jerman dengan delapan kali.

Terakhir Argentina lolos ke final pada Piala Dunia 2014. Sayangnya saat itu mereka harus mengakui keunggulan Jerman 0-1 berkat gol gelandang Mario Gotze di babak perpanjangan waktu.

Final Piala Dunia 2022 juga menjadi final kedua Lionel Messi. Pemain Paris Saint-Germain itu ikut merasakan pil pahit saat kalah di final 2014 dari Jerman.

Messi dan Di Maria

Praktis tinggal dua alumni Piala Dunia 2014 yang masih ada di skuad Argentina saat ini. Selain Messi, ada winger Angel Di Maria. Namun Di Maria tak bermain di final ketika itu akibat cedera.

Saat itu Argentina seharusnya bisa menjad juara bila penyerang Gonzalo Higuain tidak membuang peluang emas saat sudah berhadapan dengan kiper Jerman Manuel Neuer. Tembakan Higuain melebar.

Rekor

Messi sukses menorehkan sederet rekor fantastis di laga kontra Kroasia ini. Dengan sumbangan satu gol ke gawang Kroasia, Messi sah menjadi pemain tersubur sepanjang masa Argentina di putaran final Piala Dunia.

Total Messi membuat 11 gol selama bermain di Piala Dunia. Eks pemain Barcelona itu kini melewati rekor yang dipegang Gabriel Omar Batistuta dengan koleksi 10 gol di Piala Dunia.

Messi juga menyamai rekor legenda Jerman Lothar Matthaus sebagai pemain yang paling sering main di Piala Dunia dengan total 25 penampilan. Messi hampir pasti memecahkan rekor Matthaus ini karena Argentina akan main di final Piala Dunia 2022.

Catatan apik lainnya adalah Messi berperan atas 19 gol di Piala Dunia dengan rincian 11 gol dan delapan assists. Messi pun sejajar degan Miroslav Klose, Gerd Muller, dan Ronaldo Luiz Nazario da Lima.

Rekor Lain

Rekor fantastis lain yang ditorehkan Messi di laga lawan Kroasia adalah menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang bisa mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan Piala Dunia sebanyak empat kali.

Sebelum melawan Kroasia, Messi melakukannya kala melawan Belanda dan Meksiko di Piala Dunia 2022 dan kala bersua Serbia di edisi 2006.

Messi juga turut mensejajarkan diri dengan legenda sepak bola seperti Sebastian Schillaci, Roberto Baggio, Hristo Stoichkov, Davor Suker dan Wesley Sneijder karena bisa membuat gol di babak 16 besar, perempat final dan semifinal pada satu edisi Piala Dunia sekaligus.

Menurut Tebsholic bisa ga yaa Messi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah final kedua?