Pangeran William, Putra Mahkota Penerus Kerajaan Inggris

Nama lengkap Pangeran William belakangan jadi sorotan publik. Pangeran William kini menyandang gelar Putra Mahkota Kerajaan Inggris, usai ayahnya resmi jadi Raja Inggris (Raja Charles III) menggantikan Ratu Elizabeth II (1926-2022).

Seperti diketahui, Pangeran Charles resmi menjadi Raja Charles III usai proses pengukuhan di Istana St James, Sabtu (10/9) lalu, menggantikan mendiang Ratu Elizabeth II. Dengan diangkatnya sang ayah jadi Raja Inggris, Pangeran William sebagai anak pertama kini resmi jadi Putra Mahkota bergelar Prince of Wales.

 

Untuk mengenal nama lengkap Pangeran William, simak informasi profil Putra Mahkota Inggris berikut ini.

 

Profil Pangeran William, Putra Mahkota Inggris

 

Mengutip dari laman Britannica, berikut ini pemaparan informasi profil Pangeran William, sang pewaris takhta kerajaan Inggris alias Putra Mahkota Inggris.

 

Nama lengkap: William Arthur Philip Louis

Lahir: London, 21 Juni 1982

Umur: 40 tahun

Kedudukan: Putra Mahkota

Gelar: Prince of Wales

Ayah: Raja Charles III

Ibu: Diana Spencer (Lady Diana)

Saudara: Pangeran Harry

Pasangan: Catherine, Princess of Wales (Kate Middleton)

Menikah: Pernikahan Kerajaan Inggris tahun 2011

Anak-anak: Pangeran George, Putri Charlotte, Pangeran Louis


 

Sosok Pangeran William: Riwayat Pendidikan

 

Seperti diketahui, nama lengkap Pangeran William adalah William Arthur Philip Louis. Dilansir Britannica, William menerima pendidikan awalnya di Wetherby School di London. Dia kemudian bersekolah di Ludgrove School di Berkshire (1990-1995) dan Eton College di Windsor (1995-2000).

 

William sempat menghabiskan satu tahun bepergian, sebelum kemudian mendaftar di Universitas St. Andrews di Skotlandia. Di sanadi ia belajar sejarah, seni dan geografi. Setelah dihadapkan pada kegiatan amal di awal hidupnya oleh ibunya, William menjadi sukarelawan di Chili. Dia juga bekerja di peternakan sapi perah Inggris dan mengunjungi Belize dan negara-negara di Afrika.

 

Mengenal Pangeran William: Aktif Angkatan Militer Inggris

 

Pada tahun 2005, William lulus dari Universitas St. Andrews. Dan tahun berikutnya ia memasuki Royal Military Academy Sandhurst. Pada 2008, William melanjutkan keterikatan dengan Angkatan Udara Kerajaan dan kemudian ke Angkatan Laut Kerajaan. Sehingga ia bisa mendapatkan pengalaman di ketiga cabang utama angkatan bersenjata.

 

Pada 2010, William menyelesaikan pelatihannya sebagai pilot helikopter di Pasukan Pencarian dan Penyelamatan RAF dan memulai tur tugas di Wales. Dia dilaporkan berpartisipasi dalam lebih dari 150 operasi sebelum mengakhiri dinas militernya pada September 2013. William kemudian menjabat sebagai pilot ambulans udara dari Juli 2015 hingga Juli 2017.

Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton

 

Pada November 2010, diumumkan bahwa William menikahi pacar lamanya, Catherine (Kate Middleton), yang dia temui di Universitas St. Andrews. Pernikahan kerajaan William dan Catherine berlangsung pada 29 April 2011, di Westminster Abbey di London.

 

Pasangan ini dikaruniai tiga anak. Putra pertama, Pangeran George Alexander Louis dari Cambridge, lahir pada 22 Juli 2013. Putri mereka, Putri Charlotte Elizabeth Diana dari Cambridge, lahir pada 2 Mei 2015. Dan anak ketiga yakni putra kedua mereka, Pangeran Louis Arthur Charles dari Cambridge, pada 23 April 2018.

 

Pangeran William: Putra Mahkota Inggris, Prince of Wales

 

Setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022, Charles menjadi Raja Inggris (Raja Charles III). Dengan ini, Pangeran William menjadi pewaris takhta kerajaan Inggris dan dianugerahi gelar sebagai Prince of Wales atau Pangeran Wales. Sebagai putra mahkota, tugas Pangeran William adalah mendukung Raja dan tugas kerajaan.

 

Demikian informasi tentang nama lengkap Pangeran William yang kini jadi Putra Mahkota Inggris dengan gelar Prince of Wales.

Kira - kira udah cocok belum nih untuk jadi Raja Tebsholic kalau sampe King Charles wafat atau turun tahta?