Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Penderita penyakit diabetes setiap tahunnya selalu meningkat, maka sangat penting untuk mencegah penyakit ini. Menurut WHO, penyakit diabetes menjadi penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Penyakit diabetes saat ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Jenis tipe 1 terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan, sehingga glukosa atau gula yang dikonsumsi tidak dapat diolah. Untuk jenis tipe 2 terjadi karena kondisi tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan seharusnya, jadi bisa dikatakan menghilangkan fungsi yang harusnya dijalankan. Selain karena perihal konsumsi makanan atau minuman, diabtes bisa terjadi karena faktor kehamilan atau diabetes gestasional. Penyakit diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang sangat serius, namun bukan berarti tidak ada cara mencegah penyakit diabetes. Berikut cara mencegah penyakit diabetes yang bisa dilakukan:

1. Menjaga dan Mengkonsumsi makanan sehat

Salah satu cara yang mudah untuk mencegah diabetes adalah mengkonsumsi makanan sehat. Menjaga pola makan sehat dan menjauhi makanan yang kurang baik adalah cara paling ampuh dalam mencegah berbagai macam penyakit, karena dengan mengkonsumsi makanan sehat tentunya kebutuhan tubuh akan terpenuhi sehingga semua fungsi yang ada pada tubuh akan bekerja maksimal. Batasi juga untuk mengkonsumsi asupan gula yang berlebihan agar tidak timbul diabetes secara cepat.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu tubuh untuk menggunakan hormon insulin dengan lebih maksimal, sehingga kadar gula dalam darah dapat bisa dikontrol dengan baik.

3. Menjaga Berat Badan

Timbanglah berat badan saat ini, jika memang  berat badan yang saat ini kamu alami merasa berlebihan tentunya kamu harus menurunkannya, Namun jika berat badan menurut kamu kurang dari proposional, usahakan untuk bisa menambah berat badan agar proposional. Selalu jaga berat badan agar tidak terjadi obesitas yang dapat mempercepat proses terjadinya penyakit obesitas.

4. Melakukan Tes Gula Darah Secara Rutin

Agar mengetahui kadar gula yang tubuh kita miliki, harus sering melakukan tes gula darah agar kita mengetahui apakah kadar gula yang kita konsumsi rendah atau malah tinggi. Jika kita sudah mengetahui kadar gula yang dimiliki, kita bisa membatasi jika memang sudah berlebihan dan bisa menambahkan jika mungkin kadar gula yang diperlukan memang kurang.

5. Mengelola Stres Dengan Baik

Kenapa stres berlebihan bisa menyebabkan penyakit diabetes? Hal ini  terjadi karena saat stres, tubuh akan melepaskan kortisol yang menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Selain itu, saat stres dapat memungkinkan kita merasa lapar sehingga kita tidak dapat mengatur asupan yang kita makan

 

Jaga kondisi tubuh dengan baik sejak dini agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. Pola hidup sehat mungkin untuk banyak orang sangat sulit dilakukan, namun menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk mencegah berbagai macam penyakit. Biar ga stres yang berlebihan, minum satu botol Tebs biar hari kamu lebih enjoy dan terus semangat.