Esports: Selamat Tinggal Game Sepak Bola FIFA, EA Sports Siapkan Nama Baru

Pecinta esports dikejutkan dengan kabar menghebohkan pada pertengahan Mei 2022 ini. Salah satu game sepak bola terpopuler di dunia FIFA resmi akan berganti nama. EA Sports selaku publisher mengakhiri kerjasama dengan FIFA dan bakal meluncurkan nama baru.

 

Kesepakatan yang terjalin antara EA Sports dengan FIFA akan berakhir setelah Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun dapat terus berjalan sampai Piala Dunia Wanita musim panas 2023.

 

Setelah Piala Dunia Wanita 2023 berakhir, para pemain video game FIFA harus membiasakan diri dengan nama baru yakni EA Sports FC.

 

Kolaborasi EA Sports dengan FIFA sudah berlangsung hampir tiga dekade. Edisi pertama game sepak bola FIFA rilis tahun 1993. Kerjasama FIFA dan EA Sports awalnya menjadi salah satu kerjasama tersukses dalam sejarah olahraga.

 

Namun setelah negosiasi selama berbulan-bulan, EA dan FIFA tak mencapai kesepakatan untuk perpanjangan kerjasama. EA pun terpaksa melepas nama FIFA pada video game sepak bola miliknya. FIFA 23 yang akan diluncurkan akhir tahun ini bakal menjadi edisi terakhir sebelum ganti nama.

 

“Pengenalan EA SPORTS FC tidak akan berdampak pada pertandingan sepak bola global EA Sports saat ini, dan EA dan FIFA sangat antusias untuk menghadirkan EA SPORTS FIFA terbesar dan terluas yang pernah ada di musim gugur ini,” demikian pernyataan resmi EA pada Rabu (11/5/2022) dini hari WIB.

 

Mahal

Pergantian nama video game dari FIFA ke EA Sports FC sudah terendus dalam beberapa bulan lalu. Pasalnya nilai kontrak kerjasama sangat mahal sehingga cukup memberatkan EA Sports. Kabarnya FIFA meminta kenaikkan dua kali lipat.

 

Meski akan berubah nama menjadi EA Sports FC, game sepak bola besutan EA ini tidak akan mengalami perubahan besar. EA Sports masih memiliki lisensi terpisah dengan beberapa tim dan liga sepak bola ternama di dunia.

 

Selain nama, EA Sports juga tidak lagi bisa membuat event terkait dengan turnamen yang diselenggarakan FIFA.

 

FIFA Gandeng Perusahaan Lain

 

Dengan perubahan nama dari FIFA menjadi EA Sports FC maka kedua game ini sama - sama menjadi game sepak bola terbesar. Pro Evolution Soccer sudah berubah nama menjadi EFootball beberapa musim sebelumnya.