YUK BELAJAR BERAMAL DARI HAL KECIL TEBSHOLIC!

Beramal tanpa pamrih merupakan hal yang mulia dan membawa kebahagiaan tersendiri jika sudah dapat melakukannya loh Tebsholic. MIsalnya dengan memberi sembako, menyumbang kepada korban musibah, dan sebagainya.

Namun, untuk Tebsholic yang belum memliki penghasilan atau tabungannya terbatas, tetap bisa beramal juga loh! Walau tidak secara langsung memberi materi pada sesama, asal dilakukan dengan tulus dan bertujuan sosial, cara-cara ini memiliki amal yang sama makna dan kontribusinya bagi mereka yang membutuhkan:

1. Volunteer

Beramal tidak harus dengan materi, tapi juga bisa dengan tindakan kita yang langsung mau membantu mereka yang membutuhkan. Misalnya dengan menjadi volunteer atau sukarelawan. Volunteer sendiri tidak selalu tentang membantu menyelamatkan korban musibah, tetapi bisa juga dengan membantu mengobati korban-korbannya, menjadi guru bagi anak-anak jalanan, ikut bermain bersama anak-anak panti asuhan, dan sebagainya. Walau badan akan lelah, tetapi rasa puas dan bahagia pasti akan muncul dalam diri.

2. Menabung

Cara selanjutnya adalah dengan menabung. Menabung bisa dengan menyisihkan uang jajan atau penghasilan, menghindari sikap hedon, hingga dengan selalu hidup sederhana. Dengan menabung dan menghemat pengeluaran, suatu saat tabungan tersebut akhirnya bisa diberikan pada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

3. Pilah Baju Tak Terpakai Setahun Sekali

Menyumbang baju bekas layak pakai merupakan hal yang paling mudah dan lazim dilakukan jika ingin berdonasi materi. Walau mungkin baju-baju ini merupakan baju kesayangan kamu, atau memiliki kenangan tertentu, jika kamu merasa sudah tidak akan memakainya lagi, lebih baik diberikan saja, bukan?

4. Tidak Membuang-buang Makanan

Cara ini memang tidak memberikan kontribusi apapun kepada sesama. Namun, ini menunjukkan sikap menghargai kita terhadap mereka yang tidak seberuntung kita. Jika memang sedang tidak ingin makan banyak, lebih baik kurangi porsi makan dari awal. Atau jika makanan yang kita beli di restoran ternyata memiliki porsi besar sehingga memungkinkan akan tersisa, bisa meminta pelayan restoran untuk membagi dua porsi tersebut, agar setengah porsi tersebut bisa dibawa pulang atau diberikan pada sesama.

5. Ringan Tangan pada Siapapun

Cara yang terakhir ini sangat mudah dan simpel, karena bisa dilakukan asal kita memliki kepekaan dan keikhlasan bertindak. Bisa dengan sekedar memberi kursi kita pada ibu hamil di kendaraan umum, dengan membantu anak kecil menaiki tangga, atau sekedar berbagi payung saat teman tidak membawanya.

Jadi, beramal sebenarnya bisa dilakukan pada hal-hal kecil kepada orang-orang terdekat kita. Yuk beramal Tebsholic!