Ingin tetap Olahraga saat Puasa? Siapa Takut!

Halo, Tebsholic! Gimana, puasanya lancar kan?

Untuk Tebsholic yang ingin tetap bugar dan hobi berolahraga, masih bisa kok untuk workout di bulan puasa, asal tau durasi dan jenis kegiatan yang baik dilakukan saat sedang berpuasa.

Berikut Tebs rangkumkan untuk kamu!

Kapan sebaiknya kita olahraga?

Pilih di waktu antara saat kamu sudah cukup memiliki asupan dan masih memiliki kesempatan untuk makan kembali setelah olahraga. Pilihan terbaik adalah setelah berbuka puasa tetapi sebelum makan utama dan sesaat sebelum sahur jika kamu bisa bangun pagi-pagi.

Namun jika terbiasa berlatih dengan perut kosong, maka olahraga bisa dilakukan 1-2 jam sebelum berbuka puasa.

 

Berapa lama durasi olahraga yang baik?

Untuk hari-hari pertama puasa, lakukan selama 30 menit. Untuk hari-hari selanjutnya jika dirasa sudah kuat, boleh menambah durasi hingga 1 jam setiap harinya.

 

Jenis latihan apa yang sebaiknya dilakukan saat olahraga di bulan puasa?

1. Latihan resistensi yang membantu menjaga massa otot, yaitu dengan latihan beban tubuh seperti squat, lunges dan push-up atau tambahkan bobot untuk deadlift, pengencangan bahu, pengencangan dada, dan rows. Boleh juga ditambah latihan kaki dan perut !

2. Kardio, namun intensitasnya diturunkan selama puasa yaa karena intensitas yang tinggi akan memaksa tubuh menggunakan energi dari protein. Jika ingin melakukan kardio, lakukan jalan cepat sesaat sebelum berbuka puasa. Atau untuk yang belum terbiasa berolahraga, lakukan kardio yang lebih ringan dengan jalan-jalan santai dan peregangan badan. Jika sudah terbiasa kardio dan dirasa kuat, lakukan jogging 20-30 menit juga masih bisa kok, asal jangan melewati batas kemampuan, agar tidak dehidrasi yaa!

3. Bersepeda

4. Bowling

5. Yoga

 

Apa yang harus dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga?

Tentu makanan yang berkabohidrat untuk mensupply kembali energi dalam tubuh, makanan berserat dan berprotein untuk pembentukan dan perbaikan massa otot, serta tentu saja, selain makan juga harus banyak-banyak minum air putih agar tidak dehidrasi yaa!

 

Tambahan

Selain memperhatikan hal-hal di atas, penting juga untuk memperhatikan durasi tidur, Tebsholic! Jangan tidur dengan jadwal yang berantakan dan tetap disarankan untuk tidur 7-9 jam per hari.

 

Sumber : kompas.com, inews.id, hellosehat.com, halodoc.com