Cara Menghilangkan Bosan Belajar di Rumah

Study from home membuat kamu kesepian dan sulit belajar? Biasanya bisa belajar bersama, kali ini apapun dilakukan sendiri, paling hanya bisa video call dengan teman-teman. Lama-lama hal ini bisa membuat kamu jadi bosan, stres, dan tidak produktif loh! Jadi, Tebs kasih tips agar tidak bosan belajar di rumah yaa!

1. Susun Jadwal Belajar dan Istirahat

Karena di rumah aja, berarti jadwal belajar kamu semakin fleksibel! Namun hal ini dapat menimbulkan mindset procrastinating atau menunda-nunda waktu. Makanya, tetap atur jadwal belajar kamu seperti jadwal kuliah/sekolah biasa, dan berikan waktu istirahat yang seimbang, seperti saat pergantian mata kuliah contohnya

2. Selingi Musik

Belajar di rumah membawa keuntungan sendiri nih buat kamu yang baru bisa belajar jika ditemani musik atau suara lainnya. Karena dilakukan di rumah, kamu bisa menyetel lagu saat belajar, sepanjang hari! Agar tidak bosan, ganti playlist lagu mu setiap hari!

3. Tetap Ngobrol dengan Teman

memang pertemuan virtual dengan pertemuan fisik punya vibes yang berbeda. Namun tetap saja, agar tetap merasakan belajar bersama, ngobrol saja dengan teman-teman mu lewat semua jenis media baik chat, call, maupun video call. Hitung-hitung, melepas rindu jugaa, kan?

4. Cari spot belajar yang nyaman

Belajar di kamar membuat kamu cepat ngantuk? Atau suasana rumah yang ramai membuat sulit berkonsentrasi? Tidak ada salahnya loh untuk mencari tempat baru di sudut rumah yang benar-benar nyaman, atau cari waktu belajar saat suasana rumah tidak gaduh

5. Cari kegiatan yang bisa menunjang belajar

Jika punya hobi tertentu, ada baiknya menyusun hobi tersebut setelah selesai belajar, sebagai motivasi agar bisa fokus dan cepat belajarnya. Atau jika punya hobi menulis atau menggambar, bisa juga loh membuat catatan kreatif agar semakin semangat membaca bahan pelajarannya!

 

Yuk tetap produktif walau belajar di rumah aja!