Apakah Hewan Peliharaan dapat Menularkan Covid-19?

Seperti yang kita ketahui, virus Covid-19 pertama kali disebarkan lewat hewan kelelawar dan hewan liar lainnya. Namun, untuk hewan peliharaan yang selalu dijaga kebersihannya dan diberi vaksin, apakah dapat tertular dan menularkan virus Covid-19 ini?

Dalam beberapa kasus telah ditemukan anjing dan kucing yang positif Corona karena tertular pemiliknya terlebih dahulu positif. 

Namun dilansir dari sehatq.com, drh. Muhamad Jami Ramadhan mengatakan bahwa hingga saat ini manusia hanya bisa tertular Covid-19 dari sesama manusia, tidak dari hewan, tapi bisa sebalikmya. Kasus hewan yang tertular Covid-19 dari manusia memang jumlahnya masih sangat sedikit. Hewan yang positif Covid-19 mengalami gejala klinis yang mirip dengan manusia. 

Drh. Jami menambahkan, dengan adanya penularan dari manusia ke hewan, maka Covid-19 berpotensi masuk sebagai salah satu penyakit zoonosis. Penyakit zoonosis adalah penyakit yang bisa ditularkan dari manusia ke hewan maupun sebaliknya.

Kemudian dilansir dari parenting.orami.co.id, 

Ada 2 kemungkinan hewan peliharaan yang hidup dengan pasien positif COVID-19 bisa tertular.

Pertama bisa saja hewan peliharaan tertular virus corona. Kedua, bisa jadi virus tersebut memang berada di dalam tubuh si hewan.

 

Jadi, walau belum mendapatkan fakta yang pasti, tidak ada salahnya untuk kita tetap waspada dan ikut menjaga kesehatan hewan peliharaan kita. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), karena semua hewan dapat membawa kuman yang dapat membuat orang sakit, ada baiknya untuk mempraktikkan kebiasaan sehat di sekitar hewan peliharaan dan hewan lainnya, yaitu dengan:

1. Cuci tangan setelah memegang hewan, makanan, limbah, atau persediaan mereka.

2. Perhatikan kebersihan hewan peliharaan dengan baik dan bersihkan hewan peliharaan dengan benar.

3. Bicaralah dengan dokter hewan jika memiliki pertanyaan tentang kesehatan hewan peliharaan kita.

Jika pemilik hewan telah positif terkena Covid-19, ada baiknya juga untuk mengantisipasi penularan dengan menitipkan hewan ke kerabat atau tempat penitipan hewan sementara waktu, atau jika memang mendesak, minimalisir kontak fisik dengan hewan peliharaan yaa!

 

Tebsholic dapat menghubungi hotline 119 ext.9 untuk petunjuk lebih lanjut ketika merasakan gejala dan butuh penanganan Corona. 

Tetap stay safe dan stay healthy, yaa!