Daftar Aplikasi Video Conference Mudah dan Gratis

Buat Tebsholic yang perlu video conference online, nih Tebs kasih tau aplikasi-aplikasi apa aja yang mudah digunakan dan tentu saja, gratis!

1. Zoom

Ini adalah aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Kita semua bisa melakukan online meeting tanpa perlu login terlebih dahulu, dan di Zoom juga tersedia fitur chat group, share screen, dan raise hand/ Walaupun ada masalah keamanan data dan informasi pribadi, di artikel Tebs sebelumnya ada cara-cara conference aman di Zoom loh, cek yaa!

2. Whatsapp dan Line

Seperti media chatting seperti Whatsapp dan Line juga bisa digunakan untuk online meetings loh!

Namun, Whatsapp hanya bisa video call dengan kapasitas 4 orang, berbeda dengan Line yang bisa video call dengan lebih banyak akun yang berada dalam 1 grup loh!

3. Google Hangout Meet

Kalau aplikasi milik Google ini memang dikhususkan untuk online meeting atau conference. Kapasitasnya bisa hingga 250 akun sekaligus loh! Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur Google, contohnya Google Calendar yang memudahkan membuat jadwal meeting.

Apabila ingin mengundang orang lain bergabung diluar anggota video, penyelenggara percakapan video cukup membagikan meeting code ke orang lain dan orang tersebut hanya perlu input meeting code yang telah diberikan. 

4. Microsoft Teams

Aplikasi kedua yang paling banyak digunakan setelah Zoom adalah Microsoft Teams. Microsoft Teams merupakan bagian dari Office 365, yang memiliki fitur video conference, panggilan audio dengan aplikasi Office mereka. Seperti Word, Excel dan PowerPoint ke dalam satu hub untuk kerja tim.

Jika kamu memiliki Office 365, kamu sudah memiliki aplikasi ini. Namun, kalau kamu tidak memiliki Office 365, Microsoft juga menyediakan Microsoft Teams dengan versi gratis. Pada update-an aplikasi terbarunya, Microsoft Teams juga menawarkan uji coba gratis selama enam bulan dari perangkat lunak perusahaannya. Fiturnya pun dilengkapi kolom assignments, chat, calendar, dan files, sehingga baik tugas, meeting beserta materi bisa diinput dalam 1 aplikasi yang sama.

5. Skype

Nah, kalau aplikasi Microsoft satu ini memang sudah legendaris dan terkenal dengan kualitas video call nya. Walau kapasitasnya hanya 25 akun sekali panggilan, namun Skype memiliki media percakapan teks secara individu maupun grup, dan mendukung layanan voice call berbayar ke nomor ponsel maupun telepon rumah, loh! Apalagi sekarang, seperti Zoom, Skype pun dapat digunakan tanpa login! Canggih bukan? 

6. Facetime

Dari semua aplikasi sebelumnya, Facetime mungkin satu-satunya yang hanya dapat digunakan di produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod. Selain itu, Facetime juga dapat melakukan video call untuk 32 orang dalam satu panggilan.

Aplikasi ini dapat menggunakan kamera depan dan belakang juga, jadi memudahkan penguna smartphone atau tablet untuk memperlihatkan suatu objek.

7. Slack

Kalau aplikasi satu ini mungkin masih jarang terdengar, karena aplikasi ini berbasis grup yang biasanya digunakan oleh sebuah grup perusahaan. Slack bisa digunakan untuk berbagi dokumen dan panggilan video hingga 15 orang dalam sekali panggilan.

8. Cisco Webex

Aplikasi berbasis panggilan video ini juga mungkin jarang terdengar, namun kapasitas nya mencapai maksimal 100 akun loh! Namun jumlah tersebut bervariasi tergantung paket langganan apa yang digunakan. Fitur di aplikasi Cisco Webex mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, fitur papan virtual untuk menggambar, fitur pengunggah dokumen, hingga fitur untuk merekam percakapan video.