Aplikasi Zoom Ternyata Belum Aman loh!

Work dan Study from Home membuat layanan video call dan video conference lainnya menjadi wajib diunduh para pekerja dan mahasiswa.

Dari sekian banyaknya aplikasi online call yang ada, Zoom menjadi salah satu aplikasi paling banyak digunakan, karena kemudahan fitur dan tidak perlu memiliki akun untuk bergabung dalam call room.

Namun ternyata, CEO Zoom sendiri yaitu Eric Yuan bahkan mengakui jika aplikasinya tidak sepenuhnya aman dalam masalah privasi dan kemanan data penggunanya. Dalam beberapa kasus bahkan ditemukan video pengguna yang bocor ke internet, baik itu video call biasa hingga video yang tidak senonoh.

Berikut tips aman bagi kalian yang tetap lebih suka menggunakan aplikasi Zoom, dilansir dari CNet!

1. Jangan gunakan ID kantor untuk rapat di Zoom. Gunakan ID khusus hanya untuk satu kali pertemuan.

2. Aktifkan fitur “Waiting Room” sehingga dapat melihat siapa saja yang mencoba bergabung dalam rapat sebelum diizinkan untuk mengakses rapat online. Caranya: Account Management > Account Settings > pilih Meeting > lalu aktifkan Waiting Room.

3. Nonaktifkan opsi lain, termasuk opsi Join Before Host. Fitur berbagi layar untuk non-hosts juga harus di-nonaktif-kan dan juga fitur lainnya. Untuk menonaktifkan ini lewat ikon roda bergerigi di kanan atas dan pilih opsi yang tidak akan diaktifkan.

4. Setelah rapat dimulai dan semua peserta hadir kunci rapat tersebut agar peserta tak diundang tidak bisa bergabung.