Bahaya Menggunakan Antiseptik pada Diffuser

Baru-baru ini sebuah video viral di mana seorang selebgram mencampurkan cairan antiseptik ke dalam diffuser. Video inipun mendapat respon negatif dari dokter dan pakar kesehatan. Ada 2 alasan utamanya:

1. Berbahaya untuk pernapasan

Bahan utama cairan antiseptik adalah chloroxylenol 4,8%. Konsentrasi tersebut memang sudah terbukti aman untuk penggunaan luar, seperti kulit, kecuali bagi orang yang alergi atau memiliki kulit sensitif, namun sangat berbahaya jika sampai masuk ke tubuh kita, termasuk melalui jalur pernapasan. Jika sampai terhirup dan masuk ke paru-paru, bahan kimia tersebut bisa menimbulkan acute lung injury atau cedera paru-paru akut dan iritasi selaput lendir pada saluran pernapasan.

2. Berbahaya jika tertelan atau terkena mata

Uap dari antiseptik yang masuk ke diffuser berpotensi untuk masuk ke mata dan tertelan oleh kita. Padahal, cairan tersebut dilarang keras untuk digunakan pada area mata apalagi ditelan karena bisa menyebabkan keracunan akut serta kerusakan mata yang cukup parah.

 

Jadi, kalau memang Tebsholic ingin mesterilkan barang-barang di rumah, gunakan disinfektan yang memang sesuai anjuran WHO dan produk-produk lainnya yang memang sudah terjamin BPOM yaa!