FOMO: Tanda dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu suka merasa takut tidak diundang ke pesta ulang tahun teman seangkatan? Cemburu jika tidak menjadi orang yang pertama kali diceritakan tentang suatu rahasia? Atau selalu merasa pekerjaaan dan hidup orang lain lebih menyenangkan daripada hidupmu?

Kalau iya, mungkin kamu adalah seorang dengan kecemasan sosial Fear of Missing Out (FOMO), yaitu kebutuhan untuk terus-menerus terkoneksi dengan aktvitas orang-orang sekitarmu.

Beberapa tanda kamu memiliki FOMO adalah:

1. Sangat mementingkan koneksi sosial dan selalu up-to-date

2. Selalu stand-by handphone bahkan saat bekerja karena takut ketinggalan pesan dan berita penting

3. Membeli apapun yang dianggap akan menjadi hits atau trend 

4. Mengecek timeline sosial media di saat-saat yang seharusnya tidak perlu, seperti saat sedang rapat atau berkencan karena siapa tau ada hal penting lain yang akan terjadi

5. Sulit menolak ajakan teman karena dianggap dapat mempererat persahabatan

6. Menyetujui hal-hal yang disetujui teman-teman tanpa peduli kamu benar-benar menyukainya atau tidak

 

Jenis kecemasan ini dapat menghambat perkembangan hidup personal dan profesionalmu, loh! Jadi, berikut Tebs kasih tips untuk mengurangi dan mengatasi FOMO yaa:

1. Akui dalam diri kalau kamu memiliki FOMO dan menerima insecurity-mu

2. Rehat sejenak dari media sosial

3. Ubah mindset dari FOMO menjadi JOMO (Joy of Missing Out), temukan hal-hal seru yang dapat kamu lakukan tanpa mempedulikan apa yang sedang booming saat itu

4. Sering mensyukuri apa yang kita punya

5. Ketahui prioritas

6. Nikmati hidup dan fokus pada tujuan pribadimu

7. Belajar untuk menolak dan katakan tidak

 

Terlalu banyak mencemaskan segala sesuatu juga tidak baik loh untuk kesehatan, dan menjadi yang paling up-to-date dan tau segalanya tidak menjamin akan membuatmu menikmati hidup. Jadi live your life aja, Tebsholic, and be yourself!