DIY Hand Sanitizer rekomendasi WHO

Panic Buying di sejumlah kota di Indonesia menyebabkan supply hand sanitizer menipis, dan harganya melonjak tajam. Namun jangan khawatir, Tebsholic kini juga bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan!

1. Rubbing Alcohol

Kadar alkohol yang efektif membunuh kuman dan virus menurut WHO adalah kadar 60-90%. Agar mudah dibawa dalam tas, Tebsholic bisa memasukan rubbing alcohol ini dalam botol spray kecil!

2. Campuran 3 bahan kimia

Sediakan wadah 1liter. Kemudian campurkan 751,5 ml isopropil alkohol kemurnian 99,8% 14,5 ml gliserol konsentrasi 98%, dan 41,7 ml hydrogen peroxide (H2O2) konsentrasi 3% bersama air yang sudah dididihkan, lalu tuang ke dalam wadah tersebut. Seperti rubbing alchohol, kalau ingin mudah dibawa, masukkan saja ke dalam botol spray kecil yaa!

3. Campuran Aloe Vera Gel dan Rubbing Alcohol

Untuk Tebsholic yang punya kulit sensitif atau kering, maupun yang memang takut tangan menjadi kering jika hanya menggunakan alkohol langsung ke tangan, campurkan rubbing alcoholmu dengan aloe vera gel saja! Perbandingan takaran isopropyl ataurubbing alcohol (99%) dengan aloe vera gel adalah 2:1, lalu agar harum dan menyegarkan bisa juga menambahkan essential oil atau jus lemon yaa! Tinggal masukkan ke dalam botol spray kecil deh kalau mau dibawa dalam tas!

Namun tetap saja, yang terpenting adalah mencuci tangan ya, Tebsholic! Selalu jaga kebersihan tubuh dan benda-benda di sekitar kamu. Stay safe and healthy!