Ini Bahaya Begadang yang Perlu Kamu Tahu!

Untuk Tebsholic yang sudah kuliah maupun memasuki dunia kerja, begadang merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Baik untuk mengerjakan tugas, rapat, hingga nongkrong bersama teman untuk sekedar menonton pertandingan sepak bola. Kebiasaan tentu berbahaya bagi kesehatan karena mengurangi jam tidur kita.

Efek begadang terbagi menjadi efek langsung, efek psikis, dan efek jangka panjang. Efek yang bisa langsung terlihat keesokan harinya adalah pusing dan sulit konsentrasi, wajah pucat dan muncul panda eyes, daya tahan rendah, dan tentu saja jadi mudah mengantuk.Untuk efek psikis, kebiasaan begadang membuat pikiran dan emosi tidak stabil, maka akan cenderung mudah depresi, mudah marah, dan gelisah. Efek panjangnya, begadang beresiko menimbulkan hipertensi, penyakit jantung / serangan jantung, resiko stroke, diabetes, obesitas, dan ketidakteraturan hormon.

Oleh karena itu, kurangi kebiasaan begadang, ya Tebsholic! Jika tugas menumpuk, lebih baik diselesaikan secepatnya sebelum waktu tidur. Dan apabila memang hanya ada waktu di malam hari, perbanyak minum air putih, hindari junk food, dan konsumsi vitamin secara rutin, ya Tebsholic!