Jenis Vegetarian yang Harus Kamu Tahu, Nggak Cuma Vegan!

   Hai, Tebsholic! Apa kamu seorang vegetarian?  Atau ingin jadi vegetarian tapi takut bosan karena hanya selalu makan sayuran? Eits ada kok vegetarian yang makan daging juga. Nih, Tebs kasih tau jenis-jenis vegetarian, yaa!

1. Vegan

Vegan tidak memakan produk hewani ataupun produk sampingan hewan, seperti daging olahan, produk susu, madu, dsb. Bahkan untuk vegan garis keras (total), ia juga tidak akan memakai produk yang diujicobakan pada binatang, misalnya produk-produk yang pembuatannya menggunakan arang dari hewan. Menurut penelitian, selain menyelamatkan lingkungan dan mengurangi polusi, vegan lebih sehat daripada yang mengonsumsi produk hewani, loh!

2.Lacto Vegetarian

Lacto vegetarian tidak memakan daging merah maupun putih, ikan, unggas, ataupun telur, tetapi mengonsumsi produk hewani lainnya seperti keju, susu sapi, dan yoghurt. Menjadi lacto vegetarian mampu mengurangi tekanan darah rendah dan risiko terkena penyakit tertentu.

3. Ovo Vegetarian

Ovo vegetarian akan menghindari daging merah, daging putih, ikan, unggas, dan produk susu, tetapi mengonsumsi produk telur.

 

4. Lacto-Ovo Vegetarian

Merupakan perpaduan lacto dan ovo vegetarian. Jenis Vegetarian yang umum diketahui orang adalah Lacto-Ovo Vegetarian. Jenis ini tidak memakan daging, ikan, unggas, tetapi masih mengonsumsi produk susu dan telur.

5. Pollotarian

Gaya hidup pollotarian ini cukup kontroversial, karena walau tidak memakan daging merah dan ikan, tetapi tetap mengonsumsi daging unggas. Banyak yang mengkritik bahwa gaya hidup ini sudah tidak berada di jalur vegetarian.

6. Pescatarian

Seperti halnya pollotarian, pescatarian masih memakan daging tertentu, dalam hal ini adalah ikan dan hewan laut lainnya. Pescetarian pun dianggap tidak termasuk ke dalam vegetarian karena masih mengonsumsi hewan.

7. Flexitarian

Ini adalah jenis vegetarian paling baru. Flexitarian adalah orang yang pada umumnya mengonsumsi produk nabati, tetapi sesekali mengonsumsi produk daging. Ini cocok banget buat kalian yang baru mau mencoba gaya hidup vegetarian. Selain sehat, juga mengurangi jumlah hewan yang dibunuh tiap tahunnya, loh!

 

Jadi gimana Tebsholic, apa lo tertarik menjadi seorang vegetarian?