LAPTOP UDAH MULAI LEMOT? NIH TIPS AND TRICKNYA BUAT LO TEBSHOLIC

Tebsholic, pasti banyak di antara kalian yang mengeluh karena laptopnya lemot? Laptop lemot bisa disebabkan oleh beberapa sebab loh.Tapi tidak perlu khawatir nih Tebsholic, karena ada tips dan tricks untuk mengatasi laptop lo yang lemot itu! Simak tips berikut ya Tebsholic :

1. Update Aplikasi

Jangan lupa untuk selalu update aplikasi dan sistem operasi yang ada di laptop atau PC lo. Karena, sistem yang selalu up-to-date tidak hanya membuat laptop lo lebih aman tapi juga membuat performa menjadi lebih cepat.

2. Delete Aplikasi yang Tidak Penting

Kadang kita sering mengunduh aplikasi yang jarang digunakan tanpa menyadari kalau aplikasi tersebut memakan banyak tempat di harddisk. Untuk melihat aplikasi apa saja yang ada di laptop lo dan ukurannya, kalian bisa ke Control Panel > Programs > Programs and Features.

3. Batasi Aplikasi StartUp

Laptop lo kadang menjadi lemot saat dihidupkan karena beberapa aplikasi selalu menjalankan proses terpisah saat laptop dihidupkan. Untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat startup, lo bisa buka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini lo bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop.

4. Disk CleanUp

Disk Cleanup merupakan utility yang bisa membantu lo menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti file sementara, halaman web offline, dan file installer. Cara mengaksesnya cukup buka menu Start dan klik Disk Cleanup.

5. Membatasi Multitasking Software

Menjalankan terlalu banyak software dalam satu waktu yang membebani kinerja RAM. Apalagi kalau multitasking software berat seperti Photoshop dan Premiere misalnya pada RAM 4GB.

6. Mengurangi Browser Add-ons

Browser yang ter-install banyak add-ons, seperti Internet Download Manager, AdBlocker, dan lainnya. Secara nggak sadar, browser menjadi terbebani dan memperlambat laptop saat internetan.

7. Menghindari Membuka Tab Terlalu Banayak

Terlalu banyak tab yang dibuka pada browser. Karena hal ini ternyata juga cukup menguras RAM laptop, apalagi jika situs yang dibuka memiliki fitur auto-refresh.

8. Waspada Virus

Laptop diserang virus yang bisa saja memperlambat bahkan merusak laptop. Makanya lo harus waspada terhadap berbagai file mencurigakan, baik online maupun offline, Tebsholic.

9. Antivirus yang Terlalu Aktif

Antivirus terlalu aktif. Walau software ini ampuh menghilangkan virus, namun antivirus yang berjalan di background tentu akan memperlambat kinerja harddisk sekaligus laptop.

10. Update Sistem Operasi

Jarang melakukan update sistem operasi, baik pengguna Windows maupun MacOS. Karena tidak jarang update OS akan memperbaiki kekurangan yang menyebabkan laptop menjadi lemot.

Nah, itu dia Tebsholic cara-cara ampuh buat ngatasi laptop lo yang udah mulai lemot. Semoga bermanfaat yaa Tebsholic!