TIPS AMPUH MENJADI MAHASISWA BARU

Halo Tebsholic! Buat lo yang baru mau masuk ke dunia perkuliahan pasti kepikiran dong gimana sih rasanya jadi mahasiswa baru nanti? Nah, kalo ada pas banget! Kali ini TEBS mau bagiin tips ampuh ke kalian gimana caranya menjalani kehidupan baru menjadi seorang mahasiswa. Berikut ini tipsnya, Tebsholic!

 

1. ADAPTASI

Nah ini tips pertama dan terpenting, adaptasi! Emang kenapa sih kok musti adaptasi? Emang kehidupan anak SMA/SMK dengan kampus beda banget? Jelas banget beda Tebsholic! Karena di dunia kampus, lo gabakal lagi nemuin guru BK yang selalu peduli dengan kehidupan sekolah lo, dan gabakal lagi dimarahin sama guru karena tidak mengerjakan PR atau terlambat datang ke sekolah. Di dunia kampus, semuanya harus sangat mandiri loh Tebsholic, karena dosen tidak akan peduli seberapa sering lo bolos mata kuliah, tidak mengerjakan tugas, dan lain-lain sebagainya. Selain itu, jadwal kuliah dengan ketika kita SMA/SMK juga beda loh Tebsholic! Di kampus, jadwal kuliah tidak harus selalu masuk pagi dan tergantung dari mata kuliah tersebut mulai jam berapa. Bisa aja lo bakal datang ke kampus pada siang hari atau mulai dari sore hari. Jadi mulai sekarang, buat yang sering diomelin guru waktu sekolah harus belajar mandiri ya ketika memasuki dunia kampus!

 

 

2. BERKENALAN DENGAN TEMAN DAN SENIOR SATU KAMPUS

Nah tips kedua nih Tebsholic! Di kampus, lo gabakal lagi punya temen yang sama persis seperti di SMA/SMK. Inilah saatnya buat lo untuk mengenal lingkungan kampus dengan berkenalan dengan teman dan senior-senior lo di kampus. Hal ini penting banget loh Tebsholic buat kita, karena ketika kita sudah lulus dari kampus, biasanya kita akan saling berkoneksi dengan teman satu angkatan atau senior kampus untuk mencari pekerjaan. So, mulai dari sekarang ya Tebsholic harus membangun koneksi yang baik dengan orang-orang di sekitar kampus!

 

 

3. IKUT UKM KAMPUS

 

Nah, buat lo yang lebih hobi datang ke sekolah untuk ekskul dibanding belajar, rasanya ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menjadi hal yang menarik nih buat Tebsholic! Pasalnya, di setiap kampus juga menyediakan wadah loh buat lo yang memiliki minat dan bakat di bidang non-akademik. UKM ini terdiri dari bermacam-macam kategori, seperti olahraga, seni dan budaya, pecinta alam, dan keagamaan. Dijamin gak akan nyesel deh kalo lo ikut UKM di kampus, siapa tau kan nemu cem-ceman baru yang bisa dijadiin pacar, hihihihi…..

 

 

4. IKUT KEPANITIAAN DAN ORGANISASI KAMPUS

Nah tips terakhir dan terseru nih menurut TEBS buat lo semua, ikut kepanitiaan dan organisasi dalam kampus! Emang kenapa sih musti banget aktif ikut ini-itu di kampus? Kan buang-buang waktu?! Wah, salah besar nih Tebsholic! Justru dengan keaktifan lo di berbagai kegiatan kampus, skill lo dalam mengatur waktu, bekerja sama dengan orang lain, dan bertanggung jawab jadi semakin bertambah loh. Ditambah lagi, biasanya banyak perusahaan yang lebih menyukai fresh graduate yang semasa kuliahnya aktif mengikuti kegiatan panitia dan organisasi kampus. So, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang) yaa Tebsholic!

 

Gimana Tebsholic? Asik juga kan ternyata dunia kampus. Tebsholic harus ikutin ya tips ampuh menjadi mahasiswa baru dari TEBS, dan sukses dalam menjalani masa perkuliahannya!