Gunung yang bisa lo daki buat para pemula

Mendaki gunung merupakan salah satu pilihan untuk mengisi waktu baik liburan atau sekedar ‘kabur’ dari kesibukkan. Tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan yang buat kagum, mendaki gunung juga bisa memperkuat fisik dan mental. Buat lo yang baru mau mencoba mendaki gunung, sebaiknya pilihlah gunung yang tidak terlalu curam dengan ketinggian dibawah 3.000 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa minta ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman naik gunung. Nah, berikut ini beberapa gunung yang cocok untuk didaki bagi para pemula.

Gunung Nglanggeran, Jogja

Berlokasi di Gunung Kidul, gunung ini bisa dibilang cukup rendah dengan ketinggian 700 mdpl. Lo bisa mencapai puncak gunung lewat jalur yang landai dan menikmati pemandangan Jogja hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

 

Gunung Panderman, Batu

Walau Gunung Panderman punya ketiggian lebih dari 2.000 mdpl, jalur pendakian gunung ini tidak susah dan tidak terdapat banyak rintangan. Gunung ini cocok banget buat lo yang ingin melatih ketahanan fisik selama mendaki sambil melihat pemandangan hijau pegunungan di sekitar gunung ini.

 

Gunung Ijen, Banyuwangi

Karena jalur pendakiannya lebar dan tidak terlalu curam, Gunung Ijen menjadi salah satu gunung yang banyak dituju oleh para pemula. Walau ketinggiannya hampir 3000 mdpl, orang-orang masih ingin mendaki gunung ini karena pemandangan di puncak gunung saat matahari terbit dan fenomena blue fire di Kawah Ijen yang indah untuk dinikmati dan diabadikan.

 

Gunung Pulosari, Purbalingga

Gunung Pulosari terletak di kaki Gunung Slamet, Purbalingga. Disini, lo bisa menikmati matahari terbit atau sunrise dari Puncak Gadjah. Untuk mencapai puncaknya, hanya dibutuhkan waktu 30 menit sampai satu jam. Saat sunrise, suhu di puncak ini sangatlah dingin dan bisa mencapai 15 derajat celcius.