Jangan malu kalau suka ngomong sendiri!

Pernah gak nemuin temen yang lagi ngomong sama diri sendiri terus lo ejek dia ‘orang gila’? Atau justru lo suka ngomong sendiri, terus diketawain sama orang sekitar? Selamat, lo adalah orang yang jenius! Gak usah malu kalau lo ketahuan orang lain lagi ngomong sendiri, karena penelitian menunjukkan bahwa berbicara dengan diri sendiri, seperti bergumam, mengulangi kalimat, dan lain-lain punya banyak manfaat buat diri lo sendiri. Semakin lo bicara dengan kencang, semakin besar loh manfaat-manfaat yang didapat seperti ini:

Otak bekerja lebih efisien

Ternyata, bicara dengan suara keras kepada diri sendiri bisa memperkuat pikiran tentang informasi yang lagi lo terima, jadi lo bisa lebih mudah paham deh dengan informasi tersebut.

Membantu membuat keputusan

Dengan berbicara kepada diri sendiri, ngebantu kalau lo lagi buat suatu keputusan penting loh. Karena saat bicara keras, tanpa lo sadari otak memprioritaskan suatu hal dan mengatur ulang pikiran.

Meringankan beban masalah

Kalau lo lagi ada masalah dan ngomongin mengenai masalah tersebut ke diri sendiri, ternyata hal tersebut bisa menenangkan syaraf dan meringankan beban pikiran. Makannya, kalau lagi ada masalah jangan dipendem ya!

Memotivasi Diri

Menyuarakan tujuan lo secara keras, bisa membantu memperkuat perhatian dan fokus, juga menghilangkan gangguan dan beban yang menumpuk. Dengan mengatakan dan mendengarkan tujuan lo, mental mengondisikan otak untuk berusaha lebih keras supaya tujuan tersebut tercapai. Jadi, diri lo sendirilah yang memotivasi lo buat terus berusaha dan mencapai tujuan.