Lakuin ini supaya lo gak cepet pikun!

Pikun atau demensia terjadi karena matinya sel otak yang mempengaruhi hilangnya memori dan penurunan cara berpikir. Biasanya hal ini dialami oleh orang tua. Tapi sekarang juga ada loh anak muda yang terkena demensia akibat gaya hidupnya. Walau gak ada cara pasti untuk mencegah demensia, merubah gaya hidup bisa membantu buat ngurangin resiko terkena demensia.

Bermain Catur

Dengan bermain catur, lo bisa mengasah dan memaksimalkan fungsi otak supaya gak cepat pikun. Selain catur, lo juga bisa main permainan memori seperti teka-teki silang, permainan studi kasus, atau permainan optical illusions supaya lo berpikir dan menggunakan logika untuk mecahin masalah.

Membaca dan Menulis

Kegiatan ini efektif untuk melatih dan menstimulasi sel-sel saraf otak. Lo bisa baca koran atau nulis buku harian supaya gak cepat pikun. Lumayan kan, lo bisa tau berita terkini, nambah wawasan dan gak kelupaan cerita-cerita seru.

Olahraga Rutin

Seperti yang kita tahu, olahraga memiliki banyak manfaat. Olahraga secara rutin adalah cara paling efektif untuk mengurangi demensia. Olahraga sebaiknya terdiri dari latihan kardio, latihan beban, dan keseimbangan atau kelenturan tubuh. 3 kombinasi ini, terbukti dapat mengurangi risiko demensia. Lo cukup olahraga 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Pola Makan

Kurangi makanan yang banyak mengandung gula. Mulai sekarang, perbanyak konsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks dan omega 3 seperti gandum, beras merah, ubi, ikan, dan kacang-kacangan. Tips, untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, lebih baik makan enam kali sehari dengan porsi sedikit daripada makan tiga kali sehari dengan porsi yang banyak.