Mulut diplester saat tidur? Biar apa?

Baru-baru ini penyanyi kenamaan Andien, mengunggah hal aneh Instagramnya. Ia, suami, dan anaknya memplester mulut mereka saat sedang tidur. Hal ini menarik perhatian netizen. Untuk apa sih diplester? Gak kasihan sama anaknya? Jangan salah sangka, ternyata Andien melakukan metode ‘Buteyko Nose Breathing’ atau pernapasan lewat hidung. Ternyata saat tertidur, tanpa kita sadari kita bernapas lewat mulut. Nah, kalau mulut kita di plester, mau gak mau kita harus bernapas lewat hidung dan inilah beberapa manfaat dari Nose Breathing:

Badan lebih segar

Banyak orang yang telah memplester mulutnya saat tidur mengatakan kalau tidurnya menjadi lebih nyenyak dan jarang terbangun tiba-tiba. Karena tidur yang berkualitas, ketika bangun badan menjadi segar dan penuh energi.

Menghilangkan bau mulut

Lo pasti sadar kan kalau kita bangun tidur pasti mulut kita bau, atau biasa disebut morning breath. Nah, karena kita bernapas lewat hidung, udara yang masuk akan jauh lebih bersih karena disaring sama bulu hidung, jadi ketika bangun tidur gaada lagi tuh yang namanya bau mulut.

Mengurangi mendengkur

Berdasarkan penelitian menunjukkan beberapa orang dengan keluhan mendengkur, terbantu untuk mengurangi dengkuran saat tidur dengan Metode Buteyko. Napas mereka menjadi lebih lembut dan lancar. Buat lo yang suka mendengkur kencang saat tidur, cobain deh metode ini!

Meningkatkan memori

Bernapas lewat hidung juga bisa bikin kinerja otak lebih optimal. Karena, saat bernapas lewat hidung membuat salah satu bagian otak yaitu hipotalamus bekerja lebih optimal. Hipotalamus adalah bagian otak yang memengaruhi daya ingat. Karena memengaruhi daya ingat, lo bisa ga kelupaan naro barang dimana lagi deh.