Bantu kurangi polusi, yuk naik kendaraan umum!

Ibu kota Indonesia, Jakarta baru-baru ini menjuarai suatu kompetisi yaitu Kota Paling Berpolusi di Asia Tenggara. Salah satu penyebab polusi di Jakarta adalah asap yang dikeluarkan oleh kendaraan. Bisa lo bayanginkan sebanyak apa kendaraan yang ada di Jakarta. Jangan bangga ya khusus untuk kejuaraan yang satu ini. Justru kita harus buat Jakarta kalah nih dalam kompetisi ini. Gimana caranya? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan naik kendaraan umum. Kalau ada banyak orang yang naik kendaraan umum, polusi yang disebabkan asap kendaraan pribadi juga berkurang. Gak usah khawatir, sekarang sudah ada banyak kendaraan umum untuk mencapai tempat tujuan lo dengan harga yang murah. Jangan takut nyasar, karena sekarang sudah ada banyak aplikasi yang bisa nunjukin lo harus naik apa untuk sampai ke tempat tujuan lo. Berikut ini ada beberapa kendaraan umum yang bisa lo gunain sebagai alternatif dari kendaraan pribadi!


1. Kereta Commuter Line (KRL)

KRL banyak dipilih masyarakat terutama para pekerja untuk mencapai kantor. Karena dengan naik KRL, kemacetan dapat dihindari dan waktu yang dibutuhkan KRL juga lebih sedikit dibanding kendaraan pribadi juga kendaraan umum lainnya. Belum lagi harganya yang cukup murah.

2. Transjakarta

Kendaraan umum lainnya yang dapat menjadi pilihan adalah Trans Jakarta. Kini, halte Trans Jakarta sudah banyak tersebar di Jakarta. Jadi lo bakal mudah banget untuk pergi kemana-mana. Tarifnya juga sangat murah yaitu Rp 3.500,00 untuk seluruh koridor.

3. Mass Rapid Transit (MRT)

Transportasi yang terbilang baru ini, sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Bayangin, dari Bundaran HI ke Lebak bulus yang berjarak 16km, hanya ditempuh dalam 30 menit! Cepat banget kan. Lo juga gak perlu lama nunggu kereta untuk datang, karena kereta akan datang tiap 5-10 menit sekali.

4. Lintas Rel Terpadu (LRT)

Walau hanya memiliki rute Kelapa Gading sampai Velodrome atau sepanjang 5.8 km, LRT ini katanya akan menjadi salah satu kendaraan umum favorit warga Jakarta. Rencananya, akan dibangun rute kereta sampai Tanah Abang, Jakarta Pusat.