Masih Muda udah Ubanan? Coba cek fakta berikut ini!

Tebsholic, Apakah lo udah punya uban? Mungkin lo nggak heran kalau uban tumbuh di kepala nenek atau kakek. Namun, gimana kalau uban tersebut tumbuh di rambut lo?

Padahal, mungkin lo belum menginjak kepala tiga. Sebenarnya, ada banyak fakta dan mitos seputar uban yang perlu lo tahu loh. Berikut ini fakta yang membuktikan masih muda udah ubanan!

Kekurangan Melanin dalam Rambut

Tebsholic, rambut tumbuh di folikel atau tabung yang memanjang di kulit kepala lo. Kepala lo sendiri memiliki 100-150 ribu folikel. Pada dasarnya, rambut mendapatkan dua jenis melanin, eumelanin yang membuat rambut cokelat gelap dan hitam lalu phaeomelanin yang membuat rambut kuning kemerahan. Namun, seiring bertambahnya usia, penuaan menghambat atau menghentikan melanin mengakses rambut sehingga berwarna abu-abu, perak atau putih.

Uban berasal dari penumpukan Hidrogen Peroksida

Namun, kepala terdapat enzim katalase yang mengubah hidrogen peroksida menjadi oksigen dan air. Dilansir dari New York Times, seiring bertambahnya usia, katalase menipis sehingga hidrogen menumpuk dan menghalangi kerja melanin.

Uban disebabkan Keturunan

Dilansir dari Mental Floss, saat lahir, gen sudah tertanam dan menentukan kapan rambut lo akan beruban. Ini termasuk gejala beruban prematur, yaitu untuk orang-orang yang sudah beruban, meskipun belum menginjak usia 30 tahun.

Rokok menyebabkan Uban datang lebih awal

Itu karena merokok identik dengan penuaan dini. Dilansir dari jurnal NCBI, perokok dua setengah kali lebih rentan untuk beruban prematur.

Tebsholic, itu dia fakta seputar uban! Buat lo yang merasa beruban sebelum waktunya, jangan khawatir… itu karena banyak alasan kenapa orang bisa beruban.