Kemudi atau Controller Game?

Apa yang ada di pikiran lo ketika melihat benda ini? Kalau lo nebak kalau ini adalah controller terbaru, lo salah, karena ini adalah bentuk kemudi F1. Mobil formula 1 memang mesin paling keren yang pernah dibuat. Ketika lo berlomba dengan pembalap kelas dunia, seperti Sebastian Vettel yang menjuarai kejuaraan dunia sebanyak 4 kali, lo harus konsentrasi dan tangan lo harus berada di setir terus. Karena setiap informasi yang lo perlukan untuk memenangkan balapan ada di jari-jari yang berada di kemudi. Kemudi formula 1 memang bisa diibaratkan sebagai pusat saraf dari mobil.

Mobil F1 punya puluhan parameter yang dapat disesuaikan hanya dengan kemudi dan oleh pengemudi. Meskipun data selama balapan disediakan oleh tim, tetapi tetap pembalap yang punya kontrol penuh atas pengaturan-pengaturan selama pertandingan. Semua pengaturan dapat diubah beberapa kali selama balapan, atau bahkan dalam satu kali putaran. Penyesuaian dan pengaturan dapat dilakukan dengan kedua tangan di kemudi dan mata tetap lurus ke depan. Kemudi F1 ini punya 35 tombol bahkan lebih, dan diapit juga oleh layar LCD kecil. Pembalap juga menggunakan pedal kecil di belakang kemudi untuk bergeser ke atas dan ke bawah. Lalu, ada pedal ketiga sebagai kopling.

 

Kebayang kan, gimana kalau lo jadi pembalap F1? Lo harus hapalin setiap tombol, kalau salah pencet balapan lo bisa berantakan!