PERAYAAN UNIK LEBARAN DI NEGARA MUSLIM DUNIA!

Tebsholic! Pastinya sudah pada hafal banget kan sama pernak-pernik Lebaran di Indonesia. Tak hanya di negara kita, ternyata perayaan Lebaran negara-negara muslim di dunia juga nggak kalah asik lho. Yuk simak bagaimana negara-negara tersebut merayakan lebaran!

ARAB SAUDI

Tradisi yang utama di Arab Saudi adalah menyediakan banyak makanan untuk keluarga dan beramah tamah. Bahkan orang-orang di jalan yang gak saling kenal pun, akan berhenti dan saling menyapa untuk merayakan hari raya.

MESIR

Semua orang bersemangat menyambut Lebaran, terutama anak-anak Mesir. Karena, mereka tampil keren dengan baju baru. Selesai shalat pun, anak-anak mendapatkan permen atau bingkisan dari masyarakat sekitar. Di Mesir ada tiga hari khusus untuk merayakan lebaran. Setelah hari pertama berkumpul dengan keluarga, orang-orang akan berlibur seperti ke taman atau pantai.

TURKI

Festival Gula atau Seker Bayram merupakan nama untuk Idul Fitri bagi orang Turki. Sebutan ini muncul karena tradisi mereka saling mengantarkan manisan di hari raya Idul Fitri.

CHINA

Walau bukan negara mayoritas Muslim, China memiliki tradisi Idul Fitri yang menarik. Selesai shalat, mereka mengunjungi keluarga dan tetangga. Acara dilanjutkan dengan ziarah ke makam keluarga serta makam tokoh Islam. Tak hanya mendoakan leluhur, mereka juga mengirim doa untuk seluruh umat Muslim yang wafat pada masa Revolusi Kebudayaan dan Pemerintahan Dinasti Qing. 

BANGLADESH

Lebaran di Bangladesh hampir sama dengan Indonesia. Bedanya, cewek-cewek di Negara ini sudah terbiasa menghias tangannya dengan henna di saat lebaran tiba. Mereka akan merayakan lebaran dengan makan-makan bersama keluarga dan teman-teman.

AFRIKA SELATAN

Setiap tahun, orang-orang akan berkumpul di Green Point, Cape Town, untuk menyaksikan datangnya hari terakhir Ramadan bersama kerabat sambil berbuka puasa. Setelah Magrib, biasanya diumumkan tentang datangnya hari raya Lebaran dan masyarakat berkesempatan untuk melaksanakan Salat Id yang dilanjutkan dengan berkunjung ke rumah sanak saudara.

Jadi Tebsholic, Lo mau mencoba berlebaran di negara mana?