BUAT LO YANG INGIN BERMUSIK SENDIRIAN!

Bermusik memang butuh komitmen dan pengorbanan, hal yang pastinya semakin rumit kalau dilakukan oleh banyak orang. Berikut adalah alternatif buat Tebsholic yang ingin bermusik sendirian.

Sekarang para solo maestro mendapatkan jawaban. Nggak perlu repot ke studio, cukup berselancar di applestore iOS atau Playstore Android untuk mencari berbagai aplikasi mobile music maker. Contohnya, ada GarageBand untuk iOS dan Caustic 3 untuk Android. Kedua aplikasi ini memungkinkan seseorang untuk membuat musik hanya dengan modal smartphone atau tablet saja.

GarageBand menyediakan pilihan untuk menciptakan musik baik dengan instrumen asli, maupun tanpa alat musik sama sekali. Tinggal menyambungkan gitar listrik atau mic ke iPhone, iPad, atau iPod touch, kemudian mainkan musik melalui classic amps dan stompbox effects, maka seluruh permainan akan langsung terekam dengan baik. Buat yang nggak punya instrumen bisa bermusik dengan mengandalkan berbagai instrumen instan dari aplikasi ini.

Mirip dengan GarageBand, Caustic 3 juga menyediakan berbagai instrumen virtual, seperti BassLine, BeatBox, Pad Synth, 8BitSynth, Modular, Vocoder, dan Organ. Pengguna aplikasi ini juga bisa mengombinasikan instrumen-instrumen virtual tersebut sesuka hati. Selain itu, Caustic 3 memiliki empat perangkat pendukung lainnya, yaitu effect rack, seven channel mixer, master effects rack, dan sequencer device—yang sangat berguna dalam memberikan efek-efek khusus. Pola musik di masing-masing instrumen pun dapat digabungkan, sehingga bisa menghasilkan full arrangement yang asik banget.

So, Tebsholic udah siap buat jadi solo maestro? Ingat juga buat lihat sinar matahari dan bersosialisasi ya.