TIPS MEMBERI SARAN YANG BERKELAS BIAR GAK NYAKITIN HATI!

Banyak orang yang berpendapat dan memberikan saran atau masukan kepada lawan biacaranya tidak diteriman, bukan karna isinya yang kurang berbobot, tapi bisa jadi cara penyampaian yang kurang baik menjadi penyebabnya. Tebsholic, ini nih caranya memberi saran yang berkelas dan gak nyakitin hati:

Cari tahu faktanya

Ketika lo ingin memberikan saran dan kritik kepada orang lain, alangkah baiknya harus mencari fakta dibalik kejadian tersebut. Karena ketika sudah ada fakta yang sebenarnya, orang bisa menerimanya. Jangan memberikan asumsi yang belum pasti dan tidak tahu apa sebabnya yang sedang terjadi.

Tanyakan Alasan

Jika lo mengenal dengan orang yang ingin lo berikan kritik dan saran, jangan lupa bahwa mereka pasti mempunyai alasan melakukan hal tersebut yang dilakukan. Kalo lo udah tau apa alasannya, lo bisa mengolah kata untuk memberikan kritik dan saran kepadanya.

Cari waktu dan tempat yang pas

Waktu dan tempat jangan terabaikan ya tebsholic. tidak semua orang bisa menerima begitu aja ketika dikritik tanpa harus melihat kondisi waktu dan tempatnya. jadi lo sebisa mungkin harus membaca kondisi dan situasi yang tepat.

Ungkapkan pendapat lo

Kalo lo udah merasa yakin dengan alasan yang lo punya, segera ungkapkanya tebsholic. jangan menghakimi, lo hanya harus mengutarakan. Bukan memerintah dia untuk melakukan apa yang lo utarakan.

Terima Saran yang diberikan

Selain memberikan masukan dan saran, lo juga harus diap diberikan masukan balik sama lawan bicara lo. Jadi jangan egois ya tebsholic.

Yuk dicoba tebsholic, dengan lo menerapkan hal diatas, siapa tau saran lo bisa diterima dengan baik.