7 Tips Ini Bisa Buat Kamu Cepat Menghafal Lho!

Tebsholic, siapa di sini yang sering mumet dengan pelajaran Sejarah dan Biologi yang butuh banyak proses menghafal? Tapi supaya nilai tetap bagus, kalian harus ekstra belajar sebelum ujian. Well, menghafal memang termasuk aktivitas yang cukup sulit bagi beberapa orang, biasanya karena tingkat konsenrasi dan daya ingat orang berbeda-beda. Jangan khawartir, ternyata ada lho beberapa trik untuk bikin lo menghafal lebih mudah. Mau tahu caranya seperti apa saja? Yuk ikuti tips berikut, Tebsholic!

 

Latih Senam Otak

Solusi efisien agar otak selalu terasah dalam mengingat adalah dengan senam otak. Latihlah otak dengan membiasakan diri melakukan gerakan-gerakan yang memerlukan ingatan. Misalnya, cobalah sambil berjalan bolak- balik atau melakukan lompatan rendah sambil mengingat-ingat pelajaran di sekolah hari ini. Alternatif lain yang bisa lo lakukan adalah dengan belajar menari atau mengisi TTS. Yang perlu diingat, hindari menghafal sambil melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi seperti menyebrang jalan raya atau mengendarai kendaraan bermotor, karena hal ini justru rentan menimbulkan bahaya.

 

Cari Partner Diskusi

Salah satu cara terbaik untuk menghafal dengan cepat adalah membicarakan hal yang ingin lo tetap simpan di otak dengan orang lain. Teman segeng atau teman sebangku bisa jadi partner diskusi yang seru. Saat lo berbicara secara terus-menerus tentang suatu materi dengan orang lain, otak secara otomatis akan merekam dengan lebih efisien, sehingga akan membantu dalam menyimpan informasi di dalam otak dalam  jangka waktu yang lama loh, Tebsholic!

 

Makanan Bergizi

Beef burger dan kentang goreng memang legend foods yang susah ditolak, tapi hindarilah junk food sebisa mungkin karena kurang memberi nutrisi bagi tubuh dan otak. Menurut penelitian ilmiah, makanan-makanan yang dibutuhkan agar memori tetap terjaga dengan baik adalah yang mengandung banyak vitamin seperti sayuran dan buah-buahan, serta protein seperti ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan. Jadi coba deh, Tebsholic makan makanan yang bergizi.

 

Istirahatkan Otak

Mungkin hal yang paling sering bikin gagal dalam ujian adalah karena lo sering pakai sistem kebut semalam, hayo ngaku? Hehe. Padahal ya, semaksakan diri dan otak untuk mengolah informasi dalam waktu yang singkat justri nggak efisian lho. Karena itu, sangat penting untuk belajar dan menyicil hafalan setiap hari agar informasi yang diterima lebih nempel di otak. Tebsholic, mau tahu kapan waktu paling efisien untuk menghafal? Yaitu pada pagi hari menjelang Subuh. Otak yang  segar setelah bangun tidur dan suasana yang tenang akan memudahkan lo dalam proses mengingat dan menghafal. Tidak perlu terlalu lama, menghafallah selama 30 menit setiap hari sebelum Subuh, cukup kok. Intinya, jangan memforsir otak karena otak juga butuh istirahat agar tetap segar.

 

Berkonsentrasi dan Fokus

Meningkatkan konsentrasi membantu dalam menghafal lebih baik. Setiap hari, selama sepuluh menit, cobalah untuk mengingat apa yang telah lo pelajari di kelas. Cobalah untuk mengingat setiap detail mengenai hal itu. Ketika lo mengingat peristiwa masa lalu sehari-hari, lo harus benar-benar berkonsentrasi dan fokus, dan ini akan membantu meningkatkan memori lo, Tebsholic.

 

Memahami Materi Sebelum Menghafal

Suatu waktu lo mendapat tugas untuk menghafal istilah-istilah bahasa Inggris, tapi karena lo sering belajar bahasa Inggris dari film atau lagu, maka tugas tersebut akan lebih gampang untuk dilakukan, kan? Nah, karena itu, akan lebih baik kalau lo sudah lebih dulu paham dan mengerti apa yang akan lo hafalkan. Malahan menghafal dengan metode ini lebih cepat daripada tanpa memahami makna hafalan itu, terutama pada rumus- rumus. Jika kita telah memahami dasar penurunan rumus tersebut, maka rumus bukan lagi sekadar hafalan tapi memang menjadi ingatan yang melekat dalam otak.

 

Buat Visual Menarik

Menghafal teks dalam buku pasti super duper membosankan. Nah, ada tips buat Tebsholic nih. Coba deh lo buat rangkuman pelajaran di buku tulis dengan ilustrasi lo sendiri. Dijamin cara ini sangat efisien dalam proses menghafal. Bisa dengan cara uraian menjabarkan materi pelajaran dengan gambar atau bahkan dengan menambahkan bagan atau warna-warna yang eyecatching. Kalau lo mau, lo juga bisa tambahkan ilustrasi idola pada buku. Yang penting memang lebih memotivasi belajar, kan?

Jadi Tebsholic, coba kombinasikan cara-cara di atas dan aplikasikan dalam keseharian lo, pasti perkara hafal-menghafal bukan masalah lagi.