TEKNIK DASAR SHUTTER SPEED PADA FOTOGRAFI YANG BIKIN FOTO LO KEREN

Salah satu fitur yang sangat penting untuk mendapatkan gambar dengan teknik yaitu mengatur shutter speed.  Shutter speed sering disebut dengan kecepatan rana merupakan salah satu fungsi dari tiga fungsi pencahayaan pada kamera.

Panning

Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak. Teknik Panning sering dipakai untuk pengambilan foto sport atau foto news. Seiring perkembangannya, foto Human Interest juga banyak yang menggunakan teknik foto panning. gunakan mode shutter priority – Tv atau S sehingga kita bisa mengatur shutter speed di angka yang lebih rendah dibanding yang biasa kita gunakan. Namun bagi pemula untuk lebih mudahnya dapat atur Auto Focus mode ke AF-C (Nikon) atau AI Servo (Canon).Berikut beberapa contoh shutter speed yang bisa dipakai diawal, namun semuanya tetap harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan:

- Orang joging/ sepeda biasa dijalanan: 1/20 detik

- Sepeda gunung uphill/downhill: 1/30 sampai 1/50 detik

- Mobil: sekitar 1/50 detik

- Balapan motor/mobil : 1/100 sampai 1/200 detik

 

Moving

 menitikberatkan pada kemampuan kita mengolah aperture dan shutter speed. Racikan yang pas akan menghasilkan menghasilkan efek motion blur yang dahsyat. Blurring bisa dilakukan dengan slow speed dan aturan aperture sempit. Teknik ini bisa digunakan untuk pemotretan siang maupun malam hari. kenapa butuh kecepatan lambat? karena kita ingin menghasilkan efek gerakan (terutama dalambackground atau foreground) dalam foto yang akan kita hasilkan. Shutter speed yang digunakan biasanya rendah agar pergerakan objek dapat terekam ( misalnya 1/5 detik , 1 detik, dst ). Namun yang harus tetap diperhatikan yaitu objek tetap focus walaupun shutter speed lambat.

 

 

Freeze

Freeze bertujuan untuk mengabadikan suatu moment dengan gerakan cepat sehingga dapat tertangkap oleh kamera sebagai gambar diam. Shutter speed pada freeze diatur secepat mungkin ( misalnya 1/500 detik, 1/1000 detik, 1/8000 detik, dst ). Karena tuntutan shutter speed sangat cepat, maka cahaya yang dibutuhkan juga sangat banyak. Maka dari itu biasanya foto freeze dilakukan di ruang terbuka dan siang hari.

Tebsholic, cobalah teknik dasar diatas, mudah sekali kok tebsholic, yang penting sabar dalam melakukan proses pembelajaran. Selamat mencoba!