KENALI BATIK LEBIH DEKAT BESERTA MAKNA DIBALIK MOTIFNYA

Sebagai pemuda yang cinta akan budaya tanah air, yuk mari tebsholic kita kenali beberapa motif dan arti dibalik motifnya ini:

Batik mega mendung

Batik ini berasal dari Cirebon. Batik ini memiliki motof yang berciri khas gambar awan. Biasanya batik ini memiliki warna gelap, karena arti dari mega yaitu awan atau langit dan mendung itu gelap. Motif ini mengandung makna yang sangat dalam yaitu kesabaran, kelapa dingin, dan tidak mudah marah dalam menghadapi masalah.

 

Batik parang

Batik ini sering kita jumpai, iya kan tebsholic? nah tebsholic, batik parang ini motif tertua yang ada dipulau jawa.  Motifnya yang seperti ombak mengibaratkan ombak laut yang tidak akan berhenti bergerak seperti semangat yang pantang menyerah. 

 

Batik dayak

Batik yang berada dipulau jawa biasanya kurang dikenal. Batik dayak ini berasal dari pulau Kalimantan. Motif batik dayak mencerminkan kebiasaan orang dayak yang dimana arti “dayak” itu “sungai”. Sehingga batik ini menggambarkan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan sungai. Biasaya batik ini memiliki motif senjata adat atau rumah adat.

 

Batik loreng ondel – ondel

Tentu saja batik ini berasal dari Jakarta.Ondel – ondel dikenal sebagai ikon dari kota Jakarta. Banyak warga betawi yang mempercayai bahwa awal pencipta ondel – ondel untuk penolak bala atau mengusir sesuatu yang buruk.

 

Batik Tifa Honai

Batik ini berasal dari papua. Makna motif batik ini memiliki filosofi sangat mendalam loh tebsholic. dimana motif tersebut menggambar rumah kebahagiaan, yaitu rumah yang dipenuhi rasa kebahagiaan.

Tebsholic itu beberapa motif batik yang ada, selebihnya masih banyak sekali motif batik dana berbagai makna dibaliknya. Jangan malu pakai batik ya tebsholic kalau ngaku cinta Indonesia.