4 Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri

Istilah ‘rumput tetangga lebih hijau’ memang sering dialami oleh kebanyakan orang. Alhasil, kita pun menjadi insecure atau merasa tidak percaya diri. Ini yang tebsholic alami juga?

Tenang, lo gak sendirian. Rasa insecure bisa terjadi kepada siapa saja. Apalagi, keberadaan media sosial, membuat kita lebih mudah iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain dan lupa untuk bersyukur. Tapi, jangan biarkan rasa insecure itu tumbuh di dalam diri lo. Tebsholic perlu menghadapinya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Terima kenyataan akan hidup Anda


Baik atau buruk, lo tetap harus menjalani kehidupan ini. Meski diri lo berbeda dengan orang lain, tapi ingatlah bahwa itu yang membuat diri lo tuh spesial dan unik. Lebih baik, fokus pada cara untuk mengembangkan kepribadian lo ketimbang hanya memikirkan keburukan lo.

 

2. Terus belajar bersyukur


Satu hal yang tidak boleh berhenti dipelajari adalah bersyukur. Ketika tebsholic bisa bersyukur, maka akan lebih mudah buat lo untuk menerima diri sendiri. Ingatlah terus kebahagiaan apa saja yang sudah lo rasakan setiap harinya sehingga lo bisa menjadi lebih bahagia.

 

3. Hindari membandingkan kehidupan


Memang, kehidupan orang lain terlihat lebih baik daripada kehidupan lo. Tapi, dengan membandingkan hidup lo dengan orang lain, justru akan membuat tebsholic semua jauh dari rasa bahagia. Percayalah, setiap orang punya kekurangannya masing-masing dan tidak semua kehidupan orang lain jauh lebih baik daripada kehidupan lo sendiri.

 

4. Berpikir positif


Dengan berpikir positif, tentu akan membuat hidup lo jauh lebih bahagia. Lihatlah semua masalah dari sisi baiknya dan belajar menerima sisi negatifnya. Hampir semua masalah sebenarnya timbul dari pikiran lo sendiri. Ketika tebshoic bisa berpikir secara positif, maka hal-hal positif bisa lebih mudah didapatkan. 

Selain melakukan keempat hal di atas, coba ucapkan juga kalimat penyemangat ketika perasaan insecure muncul. Semangat tebsholic!