MANFAAT BEGADANG

Kaget ya? Kok begadang bermanfaat? Emang apa aja manfaatnya? Nah berdasarkan beragam penelitian ilmiah, berikut adalah beberapa manfaat dari begadang

 

Lebih Kreatif

Menurut penelitian dari Milan, orang-orang yang baru tidur saat larut malam bahkan menuju pagi, bisa mencari solusi yang lebih oke, orisinil dan kreatif karena biasanya pada saat begadang hanya ada 1 hal yang difokuskan, misalnya fokus nugas.

Punya Fisik Lebih Kuat

Para peneliti dari University of Alberta Kanada menemukan, walau kekuatan orang-orang pagi hari itu konsisten sepanjang hari, para orang-orang malam menunjukkan “puncak” kekuatan mereka di malam hari. Menurut Olle Lagerquist, Ph.D, salah satu penulis penelitian ini bilang hal ini bisa jadi karena adanya peningkatan motor cortex dan kekuatan tulang belakang dari orang-orang yang terjaga di malam hari.

Lebih Peka dan Waspada

Dari Kanada, muncul penelitian lagi dari Belgia. Dalam penelitian ini terbukti bahwa mereka yang suka begadang ternyata punya kemampuan untuk konsentrasi dan menjaga ritme lebih baik 10 jam setelah bangun. Di saat bangun, si tukang begadang atau pun orang yang tidur lebih cepat, sama-sama memiliki tingkat kewaspadaan yang sama lho!

Punya IQ Lebih Tinggi

Seorang ilmuwan London School of Economics and Political Science, Satoshi Kanazawa, menemukan hubungan antara kecerdasan dan perilaku adaptif. Menurutnya, mereka yang berkegiatan di malam hari adalah orang-orang langka! Karena, anak-anak cerdas biasanya banyak tumbuh menjadi orang dewasa kayak “burung hantu” alias nocturnal.

That’s why... tukang begadang punya IQ lebih tinggi, tapi orang-orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih awal punya kemungkinan lebih sukses, hahahaha.

Makanya Tebsholic, udah bener tuh kata Bang Rhoma, jangan begadang kalau tiada artinya. Karena meskipun lebih pinter dan kreatif, begadang bisa berdampak buruk ke kesehatan lo. So, begadang seperlunya aja yaa!