CARI TAU SEJARAH SEPATU LO DISINI

Dari dulu fungsi sepatu itu selalu sama, buat ngelindungin kaki. Tapi lo tau gak Tebsholic, kalo dulu orang yang pake sepatu itu berarti status sosialnya tinggi dibandingkan masyarakat lain. Bentuk, jenis, dan bahan yang digunakan untuk membuat sepatu juga disesuaikan sesuai suhu disana.

Kalo sekarang, sepatu mau model apapun bisa dipake sama siapapun dan dimanapun. Tapi masing-masing jenis sepatu punya sejarah tersendiri... ini dia beberapa sejarahnya....

 

Sepatu Kulit

Nah sepatu jenis merupakan awal munculnya alas kaki alias sepatu. Sepatu kulit pertama kali dibikin di zaman Mesopotamia kuno sekitar 3000 tahun sebelum masehi yang seringnya dibuat dari kulit sapi dan desainnya sampe setinggi paha orang dewasa. Semakin berkembangnya zaman, sepatu kulit “menjelma” jadi material untuk beragam model sepatu, yang bisa dipake cowok dan cewek. Dan, sepatu kulit asli selalu terkenal awet dan tahan lama.

 

Sepatu Hak Tinggi

Sebetulnya sepatu hak tinggi pada masa pertama kali diciptakan digunakan khusus untuk para kaum pria, yaitu para pasukan tentara berkuda yang pertama kali digunakan oleh tentara Persia. Sekarang ini sepatu hak tinggi identik dipake sama cewek, dengan ukuran dan bentuk hak yang macem-macem. Desainnya mulai dari yang simpel sampe glamor. Biasanya sepatu hak tinggi dipake buat saat-saat tertentu aja karena lebih menunjukkan kecantikan dari bentuk sepatu itu sendiri, tapi kalo dipake tiap hari wah... pasti pegel cuy!

 

Sneakers

Sneakers adalah jenis sepatu dengan sol fleksibel terbuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas terbuat dari kulit atau kanvas. Tapi, sepatu sneakers semakin berinovasi dengan material dari suede dan nylon. Sejarah sneakers ini pertama kali muncul pada tahun 1800an masehi dengan nama ‘Plimsolls’, waktu itu nama sneakers belum ada. Sampe pada awal abad 19 muncul beberapa perusahaan sepatu yang ngebawa sepatu jenis ini dengan nama sneakers sebagai produk unggulan mereka, dan merk Converse nih yang meramaikan bisnis sepatu jenis sneakers ini.

 

 

Sepatu Kets

Jenis sepatu ini pertama kali muncul pada tahun 1916 yang diberi nama “Keds”. Cukup mirip fungsinya dengan sneakers, sepatu kets dapat dipake untuk beragam aktivitas, mulai dari olahraga, adventure, sampe fashion item untuk ningkatin penampilan lo. That’s why, sepatu kets dibikin lagi “turunannya” jadi sepatu kasual, sepatu khusus lari, sepatu bola, sampe sepatu hiking.

 

Nah sekarang jadi nambah deh pengetahuan kita tentang sejarah jenis-jenis sepatu. Dari semua jenis sepatu diatas, apa jenis sepatu lo , Tebsholic? Yuk komen dibawah! Dan jangan lupa untuk tag foto OOTD dengan sepatu kece lo ke instagram @tebssodaid.