CATETAN SEBELUM LO KE LUAR NEGERI

Saat pikiran lo udah kebayang-bayang bakal jalan-jalan seru dan nyobaik makanan enak di negara lain, lo haru pikirin dulunih persiapan penting sebelum lo kesana. Nah ini dia catetannya....

 

Siapin Paspor dan Visa

Make sure paspor lo udah di update dari 6 bulan sebelum masa expired. Pastiin juga visa negara tujuan udah siap dan sesuai dengan tujuan lo ke negara tersebut. Kedua hal ini penting banget karena paspor adalah KTP lo semana di negara orang dan visa adalah surat izin supaya lo bisa keluar masuk negara tersebut. Kalo hal ini gak lo siapin dan lo jaga baik-baik, yah lo bakal gagal travelling dalam waktu dekat dan kalo hilang disana, lo bakal dianggap gak punya warga negara. Hiiii jangan sampe yaa.

 

Tuker Uang

Tuker uang rupiah lo dengan mata uang negara yang lo tuju. Hal penting yang lo harus tau saat nukerin uang adalah apakah uang itu nantinya bisa dituker lagi jadi rupiah, karena ada beberapa mata uang yang gabisa lho. Cara yang bisa lo lakuin adalah dengan menukarkan rupiah ke mata uang yang besar dan terkenal seperti USD atau Euro, baru setelah itu lo bisa tuker jadi mata uang negara tempat lo travelling atau tuker jadi rupiah lagideh.

 

Beli Travel Insurance

Penting banget untuk punya asuransi pas lo lagi jalan-jalan. Mudah-mudahan sih gak terjadi ya, tapi kalo lo harus ke rumah sakit, nah asuransi ini yang bekerja untuk meringankan pengeluaran lo saat terjadi hal-hal yang ga diinginkan.

 

Fotokopi

Fotokopi semua dokumen perjalanan lo, sampe kartu atm, kartu kredit. Catet juga nomer telepon penting dan sebar kopian dari data ini di tas koper lo atau di ransel. Amit-amit kalo dompet atau paspor lo hilang, lo masih punya back up data untuk menghubungi pihak-pihak yang bisa memberi lo bantuan, dan lo masih punya data identitas untuk mengurus hal tersebut di negara orang lain.

 

Kemanapun lo jalan-jalan, selalu double check semua kelengkapannya ya! Supaya jalan-jalan lo aman dan nyaman!