Ini yang harus lo lakukan buat fotografer pemula!

Tebsholic suka foto – foto? Mau jadi fotografer tapi bingung? Bisa dibilang, fotografi merupakan salah satu hobi yang cukup menjanjikan ketika lo sudah menjadi ahli di bidang ini nih! Nggak hanya membuat lo menjadi paham soal seni, fotografi juga bisa menjadi sumber pendapatan yang cukup menggiurkan. Tapi, itu semua bisa lo dapat ketika lo udah jago dan pastinya lo perlu belajar untuk bisa mencapai tahap itu dong.

Mengambil gambar dengan kamera khususnya kamera DSLR memang membutuhkan teknik tertentu dan lo bisa menguasai teknik-teknik tersebut melalui latihan yang lo lakukan secara berulang-ulang sampe lo dapet hasil yang memuaskan. 

Dibawah ini adalah beberapa tips fotografi buat tebsholic yang mau jadi fotographer pemula nih, diantaranya adalah:

PELAJARI FITUR DI BUKU MANUAL

Sebelum lo mulai belajar, ada baiknya lo mempelajari terlebih dahulu mengenai fitur-fitur yang terdapat di dalam kamera seperti apa itu ISO, Shutter Speed, Aperature dan lain sebagainya.

Setelah tebsholic mengerti mengenai fitur-fitur tersebut, sekarang saatnya untuk membaca buku manual kamera kalian tebsholic. Kalian harus tahu dimana letak tombol fitur-fitur tadi supaya lo hafal ketika nanti mengoperasikan kamera lo. Jangan takut rusak kalo lo mau nyoba menggunakan tombol-tombol tersebut. Selama lo sudah membaca buku manual, maka bisa dipastikan kamera lo nggak bakalan rusak.

PELAJARI TEKNIK MENGAMBIL GAMBAR

Setelah tebsholic mempelajari buku manual, sekarang saatnya buat mulai belajar mengenai teknik fotografi seperti cara nge-zoom, cara membuat background blur, cara mengambil gambar secara vertical atau horizontal, dan berbagai teknik lainnya. Tebsholic bisa pelajari teknik ini dari buku atau lo bisa mencarinya melalui internet. 

PELAJARI JUGA CARA MERAWAT KAMERA YANG BENAR

Nah, karena kamera itu bukan barang yang murah, maka lo harus tahu juga mengenai cara merawatnya. Pelajari cara memagang kamera yang baik itu bagaimana, cara memecet tombol shutter seperti apa, cara menyimpan lensa, dan lain sebagainya. lo bisa menemukan informasi ini melalui internet kok, udah banyak banget yang membahas hal ini.

JANGAN TAKUT UNTUK BEREKSPERIMEN 

Cobalah tebsholic untuk bereksperimen dengan fitur yang ada pada kamera yang lo punya. Lo bisa memulainya dengan cara mengubah mode flash pada kamera, lalu perhatikan dengan seksama perbedaannya ketika flash diaktifkan dan ketika di non akifkan.

Coba juga untuk mengubah pengaturan aperture, shutter speed, exposure, dan ISO pada kamera. Selain itu, coba tebsholic ulik lagi white balance pada kamera, dan ketika lo sudah mengerti cara kerja dari fitur-fitur tersebut, jangan ragu untuk melakukan eksperimen yang lebih advance lagi.

JANGAN MENGGUNAKAN ZOOM

Pilihlah lensa yang nggak punya fasilitas zoom, bro. Dengan begitu, pastinya lo mau nggak mau harus bergerak maju atau mundur untuk mendapatkan gambar yang pas. Jadi tebsholic, dengan lo tidak menggunakan zoom, keadaan ini secara tidak lo sadari akan melatih kepekaan lo dalam mengambil komposisi suatu gambar dan lo nggak akan tergantung kepada fasilitas zoom yang disediakan oleh lensa kamera.

MINTA PENDAPAT ORANG LAIN

Jangan ragu untuk meminta pendapat orang lain atas hasil jepretan lo. Mintalah pendapat kepada teman-teman lo atau kepada orang yang memang mengerti soal fotografi. Amati setiap pendapat yang mereka berikan dan coba lo amati gambar seperti apa yang menurut mereka bagus dan gambar seperti apa yang menurut mereka kurang bagus. Terbuka kepada pendapat akan membuat kemampuan lo lebih terasah bro dan Lo butuh akan hal itu.

Apapun alasannya, kalo lo merasa masih pemula jangan jadikan hal tersebut menjadi pengalang buat lo. Asal tebsholic mau belajar, pasti bisa menjadi fotografer handal. Semangat tebsholic!