TINGKATIN RASA “DARE” LO DENGAN NYOBAIN OLAHRAGA EKSTRIM INI

Tingkatin keseruan dan pastinya keberanian Tebsholic dengan cara nyobain olahraga gokil ini. Handsdown dan thumbs up  banget buat lo yang udah pernah nyoba semuanya. Keberanian lo gak diragukan lagi!

 

Paragliding

Disebut sebagai paralayang, olahraga ini dilakukan dengan lepas landas dari lereng bukit atau gunung yang berangin. Badan lo akan menggantung di peralatan seperti parasut, harness, dan helm seberat 10-15 kg. Lo bakal melayang diantara lembah dan lereng pegunungan yang baguuuss banget. Untuk nyoba paralayang, lo bisa pergi ke gunung Puncak-Bogor, gunung Banyak-Malang, guntung Pantai Timbis-Bali, dan gunung Mantatimali-Palu.

 

SCUBA dan Free Diving

Tebsholic udah tau belum kalo SCUBA itu singkatan dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus? singkatnya adalah menyelam dengan peralatan oksigen. Yang bikin ekstrim dari olahraga ini adalah, lo harus menyelam dengan kedalaman lebih dari 30m. Asik banget sih tapi lo juga harus bisa membaca arus dan tekanan air, kemudian bernafas dengan “seperlunya” dalam arti tenang dan gak tergesa-gesa, supaya oksigen ditabung lo gak cepet habis. Lo juga gak boleh panik dan haruussss rileks supaya lo gak pingsan apalagi sampe dianggep ancaman sama hewan-hewan sekitar lo.

Nah kalo lo udah jago menguasai diri dilaut, lo bisa upgrade diving lo dengan Free Dive. Menyelam dilaut selama mungkin, tanpa alat bantu sama sekali! kecuali kacamata selam aja. Teknik menyelam ini mengutamakan kekuatan paru-paru lo untuk bisa nahan nafas dan jangan panik. Karena panik bisa membuay lo kehabisan oksigen lebih cepat. Rekomendasi tempat? Haduh, Indonesia itu semua pantainya jago punya! Yang penting lo latihan dulu divingnya ya!

 

Skydiving

Ini bukan menyelam di air lagi tapi menyelam di udara (alaaahh...). olahraga yang dikenal sebagai terjun payung ini diawali dengan naik pesawat dulu sampe ketinggian diatas 10.000 kaki terus Tebsholic loncat dan terbang bebas deh dengan kecepatan terjun kebawahnya sampe 193km/jam! Kurang ekstrim gimana lagi coba? Ajak temen-temen sekalian ya biar bisa bikin-bikin formasi diudara gitu, pasti bakal jadi pengalaman yang gak terlupakan deh. Rasain sehari jadi “superman” di dropzone skydiving di Pondok cabe-Jakarta, Bandung, Parangtritis-Jogjakarta, Mega Mas-Manado.

 

 

Big Wave Surving

Yes! Bukan berselancar biasa, tapi berselancar diombak yang besar. Peselancar bisa kedorong gelombang sampe 50 kaki atau 15 meter. Dengan kedalaman sampe 30 meter dari atas ombak. “keseruan” lain dari surfing diombak yang gede adalah lo harus lincah, seimbang dan pandai prediksi waktu kapan lo bisa mulai berselancar dan sampe ke pesisir dengan selamat. Tekanan air di laut seperti ini bisa merusak pendengaran lo, bahkan bisa membanting lo ke dasar laut dan karang. pantai yang ombak gedenya bisa lo cobain itu ada di pantai Pulau Nias-Sumatera Utara, Pantai Mentawai-Sumatera Barat, pantai Tanjung Setia-Lampung Barat (psst pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia lho!), Pantai Uluwatu & Impossible-Bali.

Rock Climbing

Kalo panjat tebing pasti udah sering banget deh Tebsholic denger, nah kalo rock climbing ini bisa dibilang kakaknya panjat tebing. Yang membedakan sebenernya adalah jenis tebing yang dipanjat itu kasar berbatuan. Selain menggunakan peralatan memanjat tebing yang lengkap, ketangkasan dan ketelitian tinggi untuk memengang atau memijakkan kaki pada batu juga harus banget diterapkan. Karena jika salah melangkah atau memegang, lo bisa terpeleset dan terluka karena bebatuan tajam tersebut. Tempat rock climbing terkenal di Indonesia bisa lo temuin di Paragendong-Jogjakarta, Uluwatu-Bali, Bukit Tangking-Kalimantan Tengah.

 

Tebsholic bisa lho ikutan share di website ini soal olahraga ekstrim lainnya yang udah pernah atau Tebsholic mau cobain banget. Inget semua kegiatan olahraga itu perlu belajar dan latihan, apalagi yang ekstrim seperti ini. seneng-seneng boleh banget tapi gak boleh sampe lupa untuk jaga keselamatan.