BUAT LO ANAK RANTAU INI TIPSNYA BIAR MAKIN SPARKLING!

Halo Tebsholic! Menjadi anak rantau bisa jadi penuh cobaan dan memang awalnya nggak mudah. Lo harus mandiri dan berusaha menyesuaikan diri dengan budaya lingkungan baru. Tapi jangan khawatir, lo tetap bisa sparkling dengan tips dari Tebs berikut ini. Yuk simak!

1. Kepo lah sebanyak-banyaknya tentang tempat barumu, agar tak jadi anak rantau penuh ambigu

Sebelum pindah sebaiknya lo cari tau dulu kota baru lo itu kayak apa. Mulai dari masyarakatnya, isu yang lagi hits, hingga tempat-tempat hiburan dan nongkrong yang bisa menjadi “penolong lo” saat lagi homesick. Jadi saat pindah nanti lo nggak gitu kagok dan mudah beradaptasi.

2. Jangan sungkan mengubungi teman-temanmu. Bisa saja sekarang dia juga ada di kota itu

Siapa tau teman lo juga lagi di sana. Dengan adanya seseorang yang udah dikenal, lo jadi lebih mudah menjalani hidup di tanah rantau lho. Ada yang nemenin lo kemana-kemana jadi lo gaakan seperti anak ilang,

3. Add akun komunitas di sosial media

Jangan lupa untuk cari tahu akun-akun komunitas di media sosial. Pilih akun yang menarik dan sepertinya bermanfaat buat lo, misalnya akun komunitas anak Jakarta yang merantau di Malang. Selain dapat informasi, lo juga akan dapat teman-teman seperjuangan!

4. Jadilah anak rantau yang aktif

Mencari pengalaman baru nggak ada salahnya, coba kerja freelancer atau jadi volunteer di kota baru lo. Lumayan buat nambah teman juga.

5. Berbaur dengan orang-orang sekitar

Berinterkasi dengan masyarakat sekitar wajib dilakukan. Bukan cuma teman-teman kuliah atau kerja aja, tapi juga para tetangga tempat tinggal baru lo. Karena semakin banyak yang dikenal, hari-harimu semakin berwarna. Saat lo butuh bantuan pun nggak akan sulit meminta tolongnya.

6. Luangkan waktu untuk menikmati indahnya kota baru

Jangan lewatin kesempatan ini, ajak terman-teman baru lo nemenin lo jelajah lingkungan baru ini. Jalan-jalan bisa membantu nambah ilmu tentang kota baru yang lo tinggalin ini. Misalnya, lo jadi cepet afal jalan.

7. Berpikir positif dan percaya diri

Percaya diri dan berusaha keras agar bisa sukses merupakan kunci terpenting sebagai anak perantauan. Jangan pedulikan jika ada yang berusaha jatohin lo ya!

So Tebsholic, itu dia tips buat lo anak rantau biar makin sparkling meski di lingkungan baru! Bermanfaat kan?!