Perkembangan Angkutan Umum yang ada di Indonesia, Dulu hingga Sekarang!

Selamat hari angkutan nasional, Tebsholic! Perkembangan alat transportasi yang ada di Indonesia dari masa ke masa sangatlah beragam. Kota Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia adalah salah satu contoh wilayah yang paling mengalami banyak perubahan alat transportasi dari masa ke masa, Tebsholic. Aneka macam angkutan umum pernah beroperasi di Jakarta.

Beberapa masih bisa bertahan hingga sekarang dan sebagian besar sudah hilang ditelan perkembangan zaman. Tebsholic tau apa saja alat transportasi umum tersebut?

Trem

Image result for trem jakarta

Munculnya trem di Indonesia hampir bersamaan dengan awal pertama kali trem tercipta di dunia. Awalnya pada tahun 1869, bentuknya masih trem kuda. Trem kuda berupa kereta panjang yang memuat 40 penumpang. Kereta tersebut ditarik 3-4 ekor kuda. Sesuai dengan perkembangan trem di Eropa dan Amerika, pada tahun 1881, trem kuda digantikan oleh trem uap. Sama seperti namanya, kereta tersebut sudah tidak berbentuk kuda tetapi sudah menjadi lokomotif. Trem uap ini digerakkan dengan ketel uap.

Oplet

Image result for oplet

Pada 1960-an dan 1970-an oplet menjadi kendaraan umum paling populer di Jakarta. Oplet adalah kendaraan umum yang memiliki satu pintu di bagian belakang. Pintu itu menjadi tempat masuk dan keluar penumpang. Di bagian depan juga ada pintu, yakni di bagian kanan dan kiri. Satu penumpang boleh duduk di samping sopir. Umumnya oplet memuat sekitar 10 orang. Uniknya, hampir seluruh badan oplet terbuat dari kayu. Oplet sejatinya adalah mobil sedan merk Morris yang dimodifikasi, kadang dengan mobil Austin.

Bemo

Image result for bemo

Bemo merupakan singkatan dari “becak motor” dan merupakan kendaraan bermotor roda tiga yang biasanya digunakan sebagai angkutan umum diIndonesia Meskipun nama Bemo dikaitkan dengan becak, namun bemo sebenarnya adalah model bis ukuran supermini, karena mempunyai trayek dan tarif tetap.

Bajaj

Image result for bajaj jakarta

Bajaj muncul pada tahun 70-an, berasal dari India dan masih eksis sampai kini. Upaya membuat punah angkutan ini terbilang sulit,sehingga kemudian lebih mudah mengalihkannya ke generasi Bajaj baru, Bajaj tipe RE 4 Stroke yang menggunakan mesin 4 tak, dengan sistem 2 bahan bakar, premium dan Bahan Bakar Gas, berwarna biru, berbeda dengan Bajaj legendaris dua tak yang berwarna oranye.

Angkot

Image result for angkot jakarta

Angkutan kota atau biasa disingkat Angkot atau Angkota adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Angkutan kota mulai diperkenalkan di Jakarta pada akhir tahun 1970-an dengan nama mikrolet untuk menggantikan oplet yang sudah dianggap terlalu tua.

Bus Rapid Transit/Transjakarta

Related image

BRT pertama kali beroperasi di Indonesia dengan nama Transjakarta dan pertama di Asia Tenggara dan Selatan. Transjakarta memulai operasinya pada 15 Januari 2004 dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. bus Transjakarta diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya.

Kereta Api Commuter

A Commuter Jabodetabek atau disebut juga KRL Commuter Line, dulu dikenal sebagai KRL Jabotabek adalah jalur kereta rel listrik yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PTKA). KRL telah beroperasi di wilayah Jakarta sejak tahun 1976, hingga kini melayani rute komuter di wilayah DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, KotaTangerang, dan KotaTangerang Selatan.

Ojek Online

Image result for ojek online

Seiring berkembangnya jaman, alat transportasi pun ikut mengalami perkembangan tersebut. Sekarang ini salah satu transportasi umum yang menjadi primadona adalah ojek online. Pengoperasiannya yang menggunakan aplikasi di smartphone dan bisa didapatkan dengan mudah menjadikannya salah satu transportasi umum yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Tarifnya yang murah dan juga cepat karena menggunakan motor menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat.

Itu dia perkembangan alat transportasi umum yang ada di Indonesia, Tebsholic. Lo udah pernah menggunakan transportasi umum yang mana aja, nih?