5 POSISI DALAM BASKET, LO YANG MANA TEBSHOLIC?

Halo Tebsholic! Olahraga basket memang gak ada matinya! Mau umur berapapun, basket menjadi salah satu olahraga favorit di dunia. Dalam bermain basket, sangat penting untuk mengetahui dan mengenali setiap posisi pemain basket. Selain dari teknik dasar permainan bola basket, posisi pemain pun harus dipelajari beserta juga fungsi dan perannya dalam sebuah tim. Apa aja sih? Yuk simak artikelnya!

1. Posisi Guard

– Point Guard adalah posisi pemain bola basket yang mempunyai tugas utama sebagai pengatur permainan, baik serangan maupun bertahan. Namun tugas yang paling banyak diberikan kepada seorang point guard adalah memberikan asist atau umpan kepada pemain depan agar mencetak poin dengan memasukkan bola kedalam ring.

Image result for stephen curry

– Shooting Guard adalah seorang pemain basket yang mempunyai tugas utama untuk memasukkan bola kedalam ring. Untuk posisi ini dipilih pada pemain yang mempunyai akurasi tembakan yang baik agar tidak membuang peluang yang percuma. Selain itu kecepatan dan postur tubuh yang lebih tinggi juga dipilih sebagai pertimbangan untuk posisi ini.

Image result for james harden

2. Posisi Forward

– Small Forward adalah posisi pemain yang bervariasi, pada pemain ini harus mempunyai banyak kemampuan seperti dribble, umpan dan shooting. Untuk posisi menyerang biasanya berada didekat garis key hole yang kemudian akan melakukan penetrasi kedaerah lawan dan memberikan umpan atau langsung memasukkan bola kealam ring.

Image result for lebron james

– Strong/ Power Forward adalah posisi pemain yang biasanya berada dibawah ring baik dalam kondisi menyerang atau bertahan. Pemain ini biasanya memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi, karena dengan begitu maka dapat menghalangi lawan atau mengambil bola saat terjadi rebound.

Image result for demarcus cousins

3. Posisi Center

Center adalah posisi pemain basket yang tugas utamanya adalah bertahan saat terjadi serangan, pemain yang bertugas pada posisi ini biasanya mempunyai badan paling besar dan tinggi dalam tim. Karena dalam permainan basket bertahan yang baik adalah dapat menghalang lawan masuk kearea serangan oleh karena itu pemain yang tinggi besar sangat cocok pada posisi tersebut. Pemain yang berposisi center biasanya paling banyak melakukan pelanggaran, karena itu juga termasuk dalam strategi bertahan jika memang harus dilakukan.

Image result for anthony davis position

So Tebsholic, itu dia 5 posisi basket, lo yang mana?