SARAPAN PIZZA LEBIH SEHAT DARIPADA SEREAL?!

Halo Tebsholic! Sarapan merupakan salah satu kegiatan penting untuk dilakukan di pagi hari. Dengan sarapan, tubuh akan lebih optimal dalam beraktivitas sepanjang hari. Salah satu menu sarapan yang digemari adalah sereal. Selain sereal, sarapan memang identik dengan makanan-makan ringan yang bergizi misalnya susu, oats, roti, buah-buahan, atau telur.

Namun baru-baru ini, Chelsey Amer, seorang pakar diet sekaligus blogger bikin gempar media dengan pernyataannya pada The Daily Meal bahwa sepotong pizza lebih sehat daripada semangkuk sereal dengan susu. Wah sarapan jadi lebih asik nih, Tebsholic!

Image result for cereal and pizza

Menurutnya, pizza dan sereal memiliki jumlah kalori yang kurang lebih sama, namun protein dalam sepotong pizza jauh lebih tinggi dibanding sereal. Pizza memiliki lebih banyak lemak dan kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan sereal sehingga mampu mencegah rasa lapar lebih lama, dan mencegah sugar crash lebih cepat.

Sugar crash adalah kelebihan tenaga akibat mengonsumsi banyak gula sehingga kandungan glukosa dalam darah tinggi. Saat tubuh lo mengalami sugar crash, tubuh lo akan mengeluarkan insulin dalam jumlah besar untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Naik dan turunnya gula secara drastis ini akan membuat lo lesu, lemah, atau kelelahan.

Ehhh jangan langsung excited buat ganti menu sarapan jadi pizza dulu nih Tebsholic.

Menurut pakar diet lainnya, Keri Gans, sereal bisa menjadi pilihan sarapan yang sangat sehat, lebih sehat dari pada pizza, selama lo paham cara mengkonsumsi sereal tersebut. Hal terpenting adalah dengan memilih sereal yang tepat, yaitu sereal yang kaya serat karena bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol gula darah.

Ini cocok buat lo yang mau diet, karena membantu menjaga nafsu makan sekaligus membantu menghilangkan rasa lapar sampai siang. Keri juga menyarankan untuk memeriksa daftar nutrisi yang ada pada sereal tersebut, jika mengandung 3 gram gula atau kurang, dan setidaknya ada 6 gram serat, maka sereal yang dipilih sudah baik.

Image result for cereal and fruit

Kedua, pemilihan topping untuk sereal. Dalam mengonsumsi sereal dengan sehat, pilihlah buah-buahan seperti buah beri yang kaya akan kandungan vitamin sebagai topping, Selain itu, lo bisa pakai irisan buah apel, pisang, kacang-kacangan, biji-bijian misalnya chia, atau bahkan yogurt. Dengan sereal ber-topping seperti ini, nutrisi yang didapat akan lebih banyak daripada sepotong pizza.

So, Tebsholic, lo tim pizza atau tim sereal?