STAYCATION OR VACATION?

Halo Tebsholic! Liburan memang hal yang menyenangkan. Lo bisa santai dan menjernihkan pikiran lo sesaat dari rutinitas lo yang bikin lo stress. Lo mungkin berpikir merencanakan liburan itu nggak mudah, dari segi waktu dan biaya. Untungnya, sekarang lagi ada tren liburan baru yaitu staycation. Nah, apa sih bedanya staycation dan vacation? Yuk simak artikelnya.

1. Lokasi

Staycation merupakan konsep liburan jarak dekat. Jadi maksudnya adalah liburan di kota sendiri yang nggak jauh dari rumah lo Tebsholic. Misalnya lo tinggal di Jakarta, lalu lo nginep di salah satu hotel di Jakarta untuk liburan, that’s staycation. Nah, staycation cocok buat lo yang pengen liburan dan refreshing tapi nggak bisa jauh-jauh atau nggak punya banyak waktu. Sementara vacation adalah liburan ke luar kota atau ke luar negri yang biasanya berjangka waktu lama. Kalau lo memang pengen liburan panjang dan meng-explore tempat baru, go vacation then.

Image result for vacation

2. Biaya

Salah satu alasan staycation menjadi tren adalah liburan ini lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah karena tak jauh dari rumah. Tentunya lo ga perlu keluarin uang banyak untuk tiket pesawat, kereta, bagasi, asuransi, dan sebagainya seperti yang lo lakukan saat vacation. Staycation merupakan cara liburan yang tepat saat memiliki budget pas-pasan.

3. Pengalaman

Saat lo melakukan staycation lo hanya berkisar pada kelompok yang sama dengan orang-orang yang biasa dekat dengan lo, dan di lingkungan yang sama. Berbeda saat lo melakukan vacation, lo akan bertemu orang-orang baru dari berbagai budaya dan latar belakang, dan mengenal lingkungan baru. Lo akan mendapat pengalaman dan pengetahuan baru juga. Vacation bagus untuk merubah siklus rutinitas sehari-hari lo. Cocok buat lo yang bener-bener jenuh, bosan, dan ingin menjauhkan diri sejenak dari lingkungan lo.

4. Kemudahan

Staycation menang dalam segala segi kemudahan. Lo gak perlu ribet mikirin biaya yang dikeluarkan, transport, dan sebagainya. Lo hanya perlu bawa barang dan baju seadanya karena staycation hanya semacam ‘short get away’. Lo gak perlu takut nyasar karena lo udah kenal baik dengan daerah lo sendiri. Vacation sendiri lebih menantang, dimana lo pergi ke tempat asing dan bertemu orang-orang asing. Lo harus mempersiapkan semuanya dengan matang agar tidak kesusahan sendiri, misalnya menyesuaikan tiket pesawat dan penginapan, mengatur uang, memastikan tidak ada yang ketinggalan, membawa baju cadangan, dan obat-obatan untuk berjaga-jaga karena jauh dari rumah.

Intinya, jika lo tidak punya banyak waktu atau memiliki budget pas-pasan namun ingin refreshing, lo bisa staycation. Kalau lo oke dengan waktu, biaya, ingin pengalaman baru, dan suka yang menantang, lo bisa vacation.

So, itu dia perbedaan staycation dan vacation. Lo pilih yang mana Tebsholic? Staycation or vacation?