CAMPING OR GLAMPING? PILIH YANG MANA, TEBSHOLIC?

Halo Tebsholic! Sebagai pecinta alam, tentu lo akan suka menikmati pemandangan alam, dan bahkan tidak berkeberatan tinggal di alam bebas atau camping. Nah, lo yang cinta alam tapi gak bisa hidup seadanya di alam bebas, lo bisa glamping! Glamorous Camping adalah cara lain buat lo menikmati alam bebas dengan cara yang sedikit lebih ‘mewah’. Berikut perbedaan camping dan glamping.

 

1. Tempat tinggal dan fasilitas

Udah pasti kalau camping tendanya lo bawa sendiri, pasang sendiri, dan itulah tempat tinggal lo selama lo di alam bebas. Tidur jelas pakai sleeping bag yang lo bawa sendiri juga. Butuh toilet? Dimana aja bisa jadi toilet lo :D. Kalau lo glamping lo akan tinggal di semacam tenda besar, dimana injakan lo bukanlah tanah, lo akan tidur di matras, ada kamar mandi, air bersih, bahkan penghangat ruangan. Kalau hujan, aman bro!

 

2. Usaha dan kepraktisan

Camping memang membutuhkan skill dan usaha lebih dalam pelaksanaanya, tapi gak akan jadi masalah kalau lo emang pecinta alam sejati. Dari diriin tenda sendiri dan apa-apa harus bawa sendiri dari rumah. Buat masak dan hangatin diripun lo juga harus nyalain api sendiri. Lo pun harus membawa barang seringkas mungkin agar tidak ribet saat di lokasi. Glamping memudahkan lo tentunya karena saat lo datang ke lokasi glamping, semuanya sudah lengkap disana. Ga perlu bawa tenda, sleeping bag, maupun kompor. Gak usah susah-susah cari air untuk mandi. Lo pun bisa membawa barang lebih banyak dan tenang saat hujan. Banyak wisata glamping menyediakan listrik dan kulkas lho Tebsholic.

 

3. Teman-teman lo

Lo ga akan tau ‘apa’ yang akan menjadi teman lo saat camping. Tepat. Bisa aja serangga, ular, atau teman-teman berbulu lainnya. Bedanya dengan glamping, tentu karena sama-sama di alam pasti lo akan ketemu dengan serangga dan semacamnya. Tapi, wisata glamping biasanya memiliki beberapa tenda dengan jarak yang tidak berjauhan. Sehingga memungkinkan lo ketemu dan kenalan sama orang-orang yang menjadi tetangga lo.

 

4. Biaya

Dengan segala fasilitas yang ada, tentunya biaya yang harus lo keluarin untuk glamping akan lebih banyak. Harga yang lo bayar adalah untuk kenyamanan dan kepraktisan lo disana. Untuk glamping, Biaya glamping beragam tergantung lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Per orangnya bisa dikenakan biaya sewa hingga ratusan ribu per malam. Sedangkan camping, lo cukup bayar tiket masuk ke lokasi yang mau lo singgahi itu.

 

5. Kedekatan dengan alam

Tentu lo akan lebih berbaur dengan alam saat camping. Dengan camping, lo akan benar-benar menyatu dengan alam, merasakan hidup seadanya, dan semuanya lebih natural tanpa campur tangan manusia lain. Lo aja tidur di tanah dan menghadap ke langit, di kelilingi pohon dan para binatang. Semua usaha dan keribetan lo ga akan sia-sia. Tapi kalau memang lo kurang cocok dengan camping, go glamping then. Berada di alam dapat mengurangi stress lho Tebsholic, jadi camping atau glamping dua-duanya oke banget buat lo coba.

 

So, Tebsholic, are you a camper or glamper?