TEBSHOLIC, BUAT LO YANG NGAKU ANAK BASKET! UDAH TAU FAKTA INI?

Buat Tebsholic para penggemar NBA (National Basketball Associaton), tentu sudah hafal banget sama logo biru dan merah serta siluet warna putih seorang pemain basket sedang memegang bola.

Ternyata banyak yang gak tahu bahwa orang yang ada pada logo NBA itu adalah seorang legenda Liga Basket Amerika Serikat yang udah memberikan sumbangsih bagi kemajuan dunia basket dan mencetak banyak rekor selama bermain, Tebsholic!

Jadi, logo NBA itu gak hanya asal dibuat Tebsholic, namun unsur-unsurnya berdasarkan pada seorang pemain yang menjadi bagian sejarah penting NBA, Tebsholic. Selain warna merah-biru yang merupakan warna khas dari bendera nasional Amerika!

Lahir dengan nama lengkap Jerry Alan West pada tanggal 28 Mei 1938 di Chelyan, Amerika Serikat. Sejak kecil doi terobsesi banget menjadi atlet basket dan kakaknya David West adalah orang yang selalu memotivasi Jerry kecil untuk meraih cita-citanya.

Namun ada satu momen yang mengubah doi ketika mendengar kakaknya, David tewas saat bertempur di Perang Korea yang membuatnya terpuruk. Setelah mengalami fase keterpurukan akhirnya West bangkit, doi rajin mengkonsumsi vitamin agar bisa tumbuh tinggi karena tubuhnya saat kecil lebih pendek dibanding anak-anak lainya. Sehingga badanya bisa bertambah tinggi dan ketika mulai usia dewasa doi bisa memenuhi keinginanya menjadi atlet basket profesional dan memulai debut di tahun 1960 di kompetisi NBA Bersama LA Lakers.

Walau doi udah gabung di tahun 1960 namun baru dua tahun berikutnya West memberikan kontribusi berarti untuk Lakers. Doi selalu menciptakan 30 skor atau lebih di setiap pertandingannya nih Tebsholic. Jerry juga mendapat julukan Mr. Clutch dari pendukung Lakers karena sering menyumbangkan poin di akhir-akhir pertandingan yang berujung pada kemenangan tim pantai barat Amerika ini.

Selama 14 tahun membela Lakers, West sudah mencetak lebih dari 25 ribu poin, 14 kali membela tim NBA all star, NBA finals MVP tahun 1969, juara NBA tahun 1972, dan medali emas olimpiade 1960. Setelah pensiun dari dunia basket, Jerry juga masih mendapatkan penghargaan pribadi nih Tebsholic, seperti masuk dalam Basketball Hall of Fame pada tahun 1980 dan terpilih sebagai salah satu pemain terbaik di hari jadi NBA ke-35 di tahun yang sama. GOKIL!!

Puncaknya di tahun 1996 doi  dinobatkan menjadi 50 pemain terbaik sepanjang sejarah NBA bersanding dengan bintang-bintang lain seperti Michael Jordan, Magic Johnson, Kobe Bryant, Karim Abdul Jabbar, Shaquille O'neal dll.

Gimana Tebsholic? Udah tau or baru tau? Khususnya untuk Tebsholic yang anak basket nih wajib tau basket sampai akar-akarnya:D