COBA DENGERIN DEH, GENRE MUSIK UNIK YANG LO MUNGKIN SUKA

Tebsholic, yang namanya aliran atau genre musik di dunia ini udah ngga keitung jumlahnya. Bahkan di setiap negara juga punya genre otentik, seperti di Indonesia ada keroncong, campursari, dangdut dan sebagainya. Nah ternyata masih banyak lagi aliran-aliran musik yang ngga biasa alias aneh buat pendengar awam kaya kita. Apa aja tuh? Yuk dicek.

Japanoise

Kalo biasanya para musisi paling menghindari yang namanya noise pada speaker atau buzzing pada mikrofon, pada Japanoise justru suara-suara itu dianggap indah. lo ngga akan mendengar yang namanya harmoni atau melodi, apalagi lirik-lirik puitis pada musik genre ini. Diganti suara-suara bising dan distorsi ngga jelas yang bikin kuping kamu sakit. Uniknya musik ini banyak digemari di Jepang, tempat asalnya. Ngga heran genre ini dinamain Japanoise. Musisi yang bergenre ini adalah Merzbow.

Math Rock

Tebsholic ngga suka sama yang namanya matematika? Tapi tenang aja, genre ini ngga ada hubungannya sama matematika kok. Math Rock sendiri merupakan cabang dari experimental rock dan indie rock. Ciri khas musik ini ada pada ketukan beatnya yang ngga biasa. Jadi kalo lagu pada umumnya punya ketukan 4/4 atau (194, 190), pada Math Rock memiliki ketukan ngga lazim kaya 7/8, 11/8, 13/8 dan masih banyak lagi. Makanya kalo lo dengerin jadi agak ganjil. Tapi bukan berarti musik ini ngga enak buat didenger loh. Beberapa band yang bergenre ini antara lain Upsilon Acrux, Foals, King Crimson dan masih banyak lagi.

 

Dark Room Jazz

Kalo lo suka musik jazz, mungkin Dark Doom Jazz ini bisa jadi alternatif. Kalo biasanya jazz cenderung agresif, romantis dan cool, maka pada genre ini terdengar lebih depresif. Dark jazz, doom jazz, noir jazz, ambient jazz dan masih banyak lagi sebutannya, punya tempo yang sangat lambat dengan sound yang gelap. Beberapa lagu masih menggunakan vokal, tapi banyak juga yang instrumental. Biasanya genre ini lebih dominan pada suara piano dan saxophone tapi dengan ambien yang gelap. Coba dengerin band kaya The Kilimanjaro Darkjazz Ensemble atau Bohren and der Club of Gore sebagai referensinya.

Danger Music

Sesuai namanya, genre musik ini sangat berbahaya Tebsholic. Gimana ngga, kalo Danger Music itu punya konsep musik yang sangat brutal, aneh dan absurd. Kalo lo pikir Japanoise udah cukup berisik, maka Danger Music bisa bikin lo gila. Hanatarash adalah grup musik Jepang yang dikenal bergenre ini. Adapun musiknya, Cuma sekumpulan suara berisik dari speaker digabung ketukan drum ngga karuan dan distorsi dimana-mana. Ngga cukup sampe disitu, Danger Musik juga dikenal dengan aksi panggungnya yang brutal dengan cara ngancurin semua benda yang ada di atas panggung. Gila ini mah!

Experimental Poet-Rock

Awalnya memang bingung sama aliran ini karena emang ngga ada referensinya, Tebsholic. Jadi genre ini menggabungkan musik rock eksperimental dengan puisi. Kedengerannya sih biasa aja, tapi kata eksperimental itu bikin kita yang denger rada bingung. Jelasnya lo bisa dengerin Arrington de Dionyso, musisi asal Amerika yang demen bikin lagu dengen lirik bahasa Indonesia. Tapi jangan heran yah kalo kedengerannya aneh.

Gimana? Ada yang penasaran sama genre-genre diatas?