MERIAHNYA PERAYAAN HARI IBU DI SELURUH DUNIA

Halo Tebsholic! “Kasih Ibu tak terhingga sepanjang masa”, setujukah elo? Hari Ibu dirayakan di seluruh dunia namun memiliki tanggal berbeda-beda. Di Indonesia sendiri ditetapkan setiap tanggal 22 Desember yang biasanya dirayakan dengan sang anak memberi bunga atau hadiah kepada sang ibu. Nah, masing-masing negara mempunyai cara unik tersendiri untuk merayakan Hari Ibu lho Tebsholic. Berikut 5 di antaranya:

 

Inggris

Inggris adalah negara pertama di dunia yang mendedikasikan Hari Ibu atau disebut juga Mothering Sunday, yang jatuh pada hari Minggu tiga minggu sebelum paskah. Mothering Sunday ini dirayakan dengan tradisi membuat kue almon atau simnel cake. Namun, tradisi tersebut mulai bergeser karena orang-orang lebih memilih memberikan bunga, kartu, atau hadiah lainnya kepada ibu mereka.

 

Jepang

Hari Ibu di Jepang dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Kegiatan yang akan dilakukan anak-anak di Negeri Sakura ini adalah menggambar foto ibu mereka di sekolah sebagai bagian dari kontes seni. Selain itu, anak-anak juga akan memberikan bunga anyelir merah serta kartu ucapan untuk ibu mereka masing-masing. Di Jepang, bunga anyelir melambangkan sosok ibu.

 

Mexico

Di Meksiko, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 10 Mei. Hari Ibu atau Dia Des Las Madres di Mexico biasanya sangat meriah karena terdapat pentas. Tradisi unik adalah semua orang akan menyanyikan lagu Las Mananitas dari The Virgin untuk ibu masing-masing dan menyediakan makanan untuk ibu yang disebut dengan tamale dan atole. Selain memberi bunga, anak-anak juga akan memberikan hadiah. Biasanya anak yang sudah tua dan bekerja memberikan hadiah yang paling mahal.

 

Thailand

Diperingati setiap tanggal 12 Oktober yaitu hari kelahiran sang Ratu Thailand, Qeen Shirikit. Hari Ibu di Thailand dirayakan secara nasional dengan pagelaran konser dan parade. Perayaaan hari ibu diawali dengan memberikan sedekah kepada rahib atau biarawan. Kemudian sang anak mengekspresikan kasih kepada Ibu dengan memberikan bunga melati yang dianggap sebagai tanda sucinya kasih ibu. 

 

India

Di India, ada yang merayakan Hari Ibu di hari Minggu kedua di bulan Mei, ada juga yang seperti Indonesia di tanggal 22 Desember. Namun banyak pula yang merayakan selama sepuluh hari penuh di bulan Oktober. Terdapat tradisi umat Hindu yaitu festival Pujha Durga, sebuah penghormatan kepada Dewi Durga yang dianggap Ibu alam semesta. Selain memberi hadiah, di momen ini anak-anak juga akan memanjakan ibunya. Semua tugas ibu akan diambil alih oleh sang anak, sehingga sang ibu bisa bersantai di rumah.

 

So, Tebsholic negara mana  yang menurut lo paling menarik dan apa yang udah lo siapin untuk Ibu lo?