IT’S HUMAN RIGHTS DAY, DARE TO SPEAK UP!

Halo Tebsholic! Lo tau gak hari ini hari apa? It’s Human Rights Day! Hari Hak Asasi Manusia dirayakan secara mendunia setiap tanggal 10 Desember. Karena kita semua sesama manusia, dan setiap manusia mempunyai hak asasi, jadi pada dasarnya hari ini adalah hari kita semua hehe.

Hari Hak Asasi Manusia menyerukan semua orang untuk membela hak-hak seseorang. Kalau lo sadari, sekarang ini banyak terjadi peristiwa di mana seseorang tidak menghormati hak asasi manusia dan hal itu gak di Indonesia doang Tebsholic, namun di seluruh dunia. Peristiwa pelanggaran HAM yang paling sering kita jumpai adalah kekerasan dan kebencian.

Misalnya, lo tau kasus bullying viral yang terjadi di Thamrin City bulan Juli lalu? Dimana anak SMP saja sudah menerapkan kekerasan dan kebencian. Berawal dari hina-hinaan lewat sosial media Facebook, sampai akhirnya terjadi kekerasan sungguhan saat korban dan pelaku bertemu. Tentunya sangat memprihatinkan ya Tebsholic. Baiknya, entah keluarga maupun sekolah memberi ajaran tentang pentingnya menghargai, menghormati, dan menyayangi sesama sejak dini.

Nah, dengan peringatan hari ini, kita harus menegaskan kembali hak kemanusiaan. Dimanapun kita berada, melalui gerakan ini kita dapat membuat perbedaan menjadi kenyataan. Entah itu rumah lo, di sekolah lo, di jalanan, ataupun di media sosial.

Kalau lo merupakan korban kekerasan, pelecehan, dan lainnya, jangan takut untuk melaporkan ke badan yang berwenang. Kalau lo mengetahui atau melihat keluarga lo, teman, lo, bahkan orang lain diperlakukan secara tidak adil, lo juga harus membantu korban dan melaporkan pelakunya ya Tebsholic! Dare to speak up guys!

So Tebsholic, jangan cuma hari ini doang ya lo menegaskan hak kemanusiaan! Hal tersebut harus lo lakuin setiap hari, setiap saat, oke?!