FASILITAS CIAMIK UNTUK PARA PENYANDANG DISABILITAS

Halo Tebsholic! Seluruh umat manusia tentunya harus memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hiburan dan keamanan, ya gak? Tak terkecuali untuk para penyandang disabilitas. Di Indonesia, memang sudah ada beberapa fasilitas untuk mereka, seperti toilet khusus, tempat parkir, tempat duduk di tranportasi umum. Tapi, lo tau gak Tebsholic, terdapat fasilitas yang keren banget untuk mereka di luar negri. Lo ga akan nyangka. Yuk cari tau!

 

1. Menyegarkan diri di Waterpark

Siapa bilang penyandang difabel tidak bisa bersenang-senang? Waterpark bernama Morgan's Inspiration Island di Texas ini memberikan kesempatan untuk para penyandang difabel untuk menyegarkan diri. Dirancang untuk orang-orang dengan berbagai disabilitas, taman bertema tropis ini memiliki enam atraksi utama, seperti naik perahu dan meriam air, dan semuanya bisa dinikmati oleh mereka dengan aman lho Tebsholic. Selain diterima dengan baik, para penyandang difabel juga diberikan tiket masuk gratis.

 

2. Tetap aman jalan-jalan sendiri dengan tenji blocks

Tenji blocks atau tactile paving berfungsi untuk memudahkan orang buta untuk menyusuri jalan. Dimana lantainya itu terdapat tanda-tanda berupa karakter khusus dari tulisan Jepang, dan diubah menjadi dot characters. Misalnya, dot bulat menandakan untuk berhenti, dan dot panjang menandakan terus jalan. Tenji Blocks ini ada dimana-mana Tebsholic, kalau lo ke Jepang, coba deh lo perhatiin jalan-jalan besar, khususnya di daerah stasiun kereta api, halte bis, dan supermarket, pasti lo nemuin tenji blocks.

 

3. Refreshing di pantai? Bisa kok!

Resor Sirens di Yunani ini menawarkan salah satu pengalaman perjalanan kursi roda terbaik di dunia. Resor ini dilengkapi oleh akses lengkap untuk para pengguna kursi roda untuk bebas kemana saja, salah satunya adalah akses langsung ke laut! Ya! Keren banget kan Tebsholic. Di pantai resor ini terdapat jalur khusus agar para pengguna kursi roda bisa berjalan-jalan di pantai, bahkan merasakan air laut sendiri. Di negara lain seperti Amerika, juga terdapat pantai yang pasirnya sengaja dikeraskan agar para pengguna kursi roda bisa lewat dengan mudah lho Tebsholic.

 

4. Akses ke kolam renang

Masih di Yunani, Hotel Eria dirancang khusus bagi mereka yang moda transportasi utamanya adalah kursi roda. Hotel ini akan membantu para pengunjung pengguna kursi roda mulai dari transportasi yang ramah kursi roda, gym yang memiliki area fisioterapi khusus, juga kamar yang memiliki bar dan kamar mandi yang mudah diakses oleh mereka. Selain itu, hotel ini memiliki semua jenis kursi roda yang tersedia untuk disewa, dan kerennya nih Tebsholic, ada jalan khusus menuju ke kolam renang sehingga mereka tetap bisa menikmati kolam renang meskipun menggunakan kursi roda.

 

5. Gak takut belanja sendirian dengan bel khusus

 

Kembali ke Jepang, terdapat fasilitas canggih yang berkaitan dengan pemberian service kepada pelanggannya, yaitu bel khusus. Terletak di depan supermarket, bel ini dimaksudkan untuk membantu para penyandang cacat, ibu hamil, manula dan orang yang memang membutuhkan pertolongan untuk dipandu saat akan berbelanja. Tinggal menekan bel ini, lalu karyawan supermarket akan keluar dan memandu mereka belanja, misalnya mengitari supermarket, mengarahkan dimana lorong sereal, mengambilkan barang, dan sebagainya. Wow, nice job Japan!

 

So Tebsholic, gimana menurut lo, kira2 kapan Indonesia bias punya fasilitas-fasilitas seperti itu ya?