ROAD TRIP? WHY NOT. INI TIPSNYA!

Halo Tebsholic! Lagi liburan panjang dan lo pengen traveling dengan cara seru? Road trip aja! Liburan dengan menggunakan pesawat maupun kereta udah biasa banget. Road trip dengan teman-teman dan keluarga lo tentunya akan seru banget. Nah, kalau lo mau ngelakuin road trip, berikut tips yang perlu lo baca untuk memastikan liburan atau road trip lo berjalan lancar.

1. Pastikan rute dan tujuan perjalan

Sebelum melakukan road trip, pilihlah tujuan lo secara bijak dengan mempertimbangkan efisiensi waktu dan biaya, Tebsholic. Tentukan rute perjalanan yang akan lo tempuh. Misalnya, untuk road trip ke Pulau Jawa tentukan kota-kota mana yang mau lo dijelajahi. Usahakan kota-kota yang berdekatan satu dengan yang lain. 

2. Perhitungkan lama perjalanan

Melakukan road trip tentu membutuhkan banyak waktu. So, sebaiknya lo ngelakuin road trip saat liburan panjang.  Selanjutnya, perkirakan jarak tempuh dan kondisi perjalanan sehingga lo punya waktu cukup untuk mengekplorasi tempat-tempat yang sudah lo tentuin di awal.

3. Tetapkan jumlah tim

Road trip memang seru jika dilakukan ramai-ramai, ya gak Tebsholic? Tapi sebaiknya lo pergi dengan orang-orang yang bisa menyetir atau membawa kendaraan yang lo gunakan sehingga lo bisa bergantian. Setelah itu, tentukan banyak kendaraan yang lo bisa dibawa berjelajah untuk menyesuaikan kapasitas mobil yang akan digunakan dengan jumlah orang yang ikut.

4. Kelola budget

Buatlah daftar budget yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya biaya untuk mengantisipasi biaya bensin, hotel dan makan selama perjalanan. Anggaran boleh dikumpulkan secara rata agar tidak terlalu berat.

5. Periksa kondisi kendaraan

Tentu lo gak mau tiba-tiba kendaraan lo mogok di tengah jalan ya kan. Kalau lo mau melakukan road trip, perhatikan kondisi kendaraan lo secara detail. Kondisi bensin, kondisi ban dan tekanan angin, air radiator, oli, ac, dll. Jangan sampe perjalanan lo terhambat dan ngebuang waktu lo.

6. Selalu siapkan GPS

GPS tentunya berperan penting saat melakukan road trip. GPS sekarang ini sudah sangat canggih, dapat memandu perjalanan lo melewati macet, bahkan memberi informasi tentang jalanan rusak. Pilihlah GPS yang bisa lo percaya dan bisa diandalkan. Jangan sampai lo kesasar gara-gara GPS yang lo pakai ngaco ya Tebsholic.

7. Persediaan makanan dan minuman

Hal penting saat road trip adalah konsumsi! Lo harus cukup makan dan minum, mengingat road trip akan menguras tenaga dan memakan waktu yang cukup lama. Jangan sampai lo kelaperan atau kehausan, karena lo bisa aja berjam-jam di jalan tanpa menemukan restoran ataupun mini market.

8. Lengkapi dengan hiburan

Nah, hiburan yang dimaksud disini adalah games yang bisa lo mainkan untuk mengisi road trip lo, Tebsholic. Karena road trip adalah soal menikmati kebersamaan dengan anggota tim lo. Misalnya radio, CD, alat karaoke, semua yang bisa lo lakukan bersama di mobil agar tidak bosan dan berkesan!

8. P3K

Tebsholic, P3K itu penting lho untuk berjaga-jaga. Sebelum melakukan road trip juga, sebaiknya lo memastikan kondisi fisik lo. Jangan sampai lo lagi demam, atau kaki keseleo terus malah nge-road trip. Lalu, jangan melakukan hal-hal yang menguras tenaga sebelum melakukan road trip ya.

So, that’s it, mau liburan yang beda dan berkesan Tebsholic? Road trip aja!