SKRIPSI CEPAT KELAR? INI TIPSNYA!

Halo Tebsholic! Mahasiswa semester akhir yang lagi mumet skripsian merapat! Pusing ngerjain skripsi yang gak kelar-kelar karena ada aja hambatannya? Memang, menyelesaikan skripsi bukanlah hal yang mudah, tapi menyelesaikan skripsi dengan cepat gak mustahil lho. Penasaran? Berikut tips-tipsnya.

1. Memilih tema yang lo kuasai

Ini merupakan hal utama yang menentukan skripsi lo kelar cepet atau nggak. Lo sebaiknya memilih skripsi dengan tema yang lo sukai, pahami, dan kuasai. Karena kalau lo bener-bener buta dengan tema skripsi lo, lo akan sulit untuk mengembangkan isinya dan hanya bisa berharap pada buku.

2. Baik-baik ke dosen pembimbing

Lo bukan apa-apa di tangan dosen pembimbing lo, sekali dia sensi sama lo, kelar udah. Bimbingan penuh tekanan, gak kooperatif, dan ACC bakal ribet. So, kalau mau skripsi lo melaju secepat kilat, jangan pernah membuat masalah apapun dengan dosen pembimbing lo Tebsholic!

3. Kerjakan skripsi di tempat yang kondusif

Suntuk? Mumet? Stress? Lo bisa atasi dengan mengubah tempat skripsian lo, Tebsholic. Entah di kafe atau rumah temen lo, pokonya tempat yang nyaman, bikin lo santai, dan dimana lo bisa berkonsentrasi. Kalau lo santai pasti otak lo akan lancar dengan sendirinya. Selain itu, tempat tersebut baiknya memiliki colokan dan wifi.

4. Membuat to do list dan deadline

Nah Tebsholic, lo harus membuat to do list dan deadline untuk diri lo sendiri dan mampu berkomitmen dengan deadline tersebut. Misalnya, minggu ini lo udah harus kelar bab1, minggu depan udah harus kelar bab2. Jangan meremehkan pekerjaan dan menunda-nunda. To do list dan deadline ini akan sangat membantu lo agar lo kelar tepat waktu.

5. Kurangi jadwal nongkrong

Nongkrong dan main bareng temen-temen lo gak apa-apa kok Tebsholic, untuk santai sejenak dan melepas stress. Tapi jangan sesering biasanya karena saat ini waktunya buat lo untuk serius sebentar. Setelah skripsi lo kelar, lo akan punya banyak waktu lagi untuk nongkrong dan main-main kok. Jadi, tunda dulu ya.

So, Tebsholic masih stress mikirin skripsi yang gak kelar-kelar? Yuk ikutin 5 tips dari Tebs barusan, dijamin skripsi lo cepat kelar.