INI DIA INOVASI TEKNOLOGI KARYA ANAK BANGSA

Hello Tebsholic! Perkembangan teknologi yang semakin marak saat ini melahirkan generasi – generasi muda yang kreatif dan inovatif. Kreatifitas anak Indonesia seakan selalu dipenuhi gagasan untuk menciptakan inovasi terbaru di bidang apapun. Salah satunya adalah di bidang Teknologi.

Tebsholic, apa saja sih inovasi teknologi buatan anak Indonesia yang kalian ketahui? Cari tahu yuk!

Motor Anti Begal

Belakangan ini kita sering mendengar berita tentang pencurian motor dengan disertai kekerasan terhadap korbannya atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘begal’. Untuk mengantisipasi hal itu, Widi Sutrisna, siswa jurusan instalasi teknik SMKN 3 Surabaya mengaplikasikan dua sistem keamanan didalam teknologi yang digunakannya. Yang pertama adalah sensor yang harus dicocokkan dengan kunci khusus agar motor dapat menyala. Yang kedua adalah SIM card yang diselipkan ke sistem motor dan dapat ditelepon untuk mematikan mesin sekaligus membunyikan alarm. Untuk melawannya, Widi menciptakan alat unik. Alat ini akan langsung mematikan motor yang dicuri para begal cukup dengan menelpon ke nomor SIM card yang aktif pada motor tersebut.

Canting Batik Otomatis

Saat membatik, kendala yang sering ditemui adalah malam yang dituangkan oleh cantingnya cepat membeku. Hal tersebut menjadi inspirasi Safira Dwi Tyasputri, pelajar Sampoerna Academy dalam membuat canting batik otomatis yang mampu menjaga suhu malam di canting. Lalu, ia menambahkan pemanas agar malam bisa tetap cair. Variabel resistor juga dimasukkan untuk mengatur suhu. Termometer untuk mengecek suhu juga dipasang. Safira meyakini temuannya mampu menghemat energi pembakaran malam pada kerajinan batik.

Alat Penyaring Sampah

Tiga sahabat asal SMAN 6 Yogyakarta, Ayu Lestari, Nurina Zahra, dan Elizabeth Widya, menemukan alat penyaring sampah yang bisa dipasang di saluran air dan sungai. Alat yang dimaksud adalah prototipe berukuran 50 x 30 cm berwarna perak. Di sisi mulut alat yang diberi nama Thundershot ini terdapat baling – baling vertikal yang mampu menarik arus. Di sisi pangkalnya terdapat sabuk berputar yang dipasang plat menyerupai sekop. Alat ini menarik sampah, mengangkatnya, lalu terkumpul di bak penampung yang ada di bagian paling belakangnya. Alat yang terinspirasi dari banjir karena sistem saluran air yang dipenuhi sampah ini akan terus dikembangkan oleh tiga sahabat ini.

Nah, sudah tau kan beberapa inovasi teknologi karya anak bangsa? Terus berkarya dan dukung inovasi asli Indonesia yaa, Tebsholic!